Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses Divestasi Jasmarga Transjawa Tol Beres Semester I-2024

Kompas.com - 09/05/2024, 10:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses divestasi anak perusahaan PT Jasa marga (Persero) Tbk, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) ditarget beres pada Semester I-2024.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Jasa Marga Pramitha Wulanjani dalam konferensi pers secara online, Rabu (8/5/2024).

Saat ini, proses divestasi tersebut masih berjalan dan disiapkan melalui proses diskusi dengan para calon mitra strategis.

"Saat ini masih berjalan dan masih disiapkan dengan matang melalui proses diskusi dan finalisasi dengan saksama dengan calon mitra strategis dan juga para pemangku kepentingan," kata Mitha.

Pada kesempatan yang sama, Corporate Secretary Jasa Marga Nixon Sitorus mengatakan bahwa Jasa Marga membukukan laba bersih pada tahun 2023 sebesar Rp 6,8 triliun.

Sebesar Rp 4,1 triliun laba bersih merupakan dampak dari aksi korporasi yang dilakukan Perseroan, sehingga Jasa Marga mencetak core profit sebesar Rp 2,7 triliun.

Peningkatan kinerja positif Jasa Marga juga tercermin dari pendapatan usaha yang tumbuh 12,9 persen dari tahun sebelumnya, menjadi Rp 15,6 triliun.

Baca juga: Jajal Tol IKN, Sebagian Mulus Beraspal Siap Dilintasi Saat HUT RI

Pendapatan usaha tersebut merupakan kontribusi dari kinerja pendapatan jalan tol Rp 14,0 triliun yang meningkat 12,1 persen dari tahun sebelumnya.

"Serta kontribusi kinerja pendapatan usaha lain sebesar Rp 1,6 triliun atau naik 20,9 persen dari tahun sebelumnya," jelas Nixon.

Selain itu, Jasa Marga berhasil meraih EBITDA Rp 9,9 triliun atau naik 14,2 persen dari tahun sebelumnya.

"Sejumlah capaian kinerja positif ini dapat terwujud seiring dengan beroperasi sejumlah tol baru dan peningkatan mobilitas masyarakat yang menjadi katalis positif," tuntas Nixon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com