Tunggu Jadwal Presiden, Dua Ruas Jalan Tol Trans-Sumatera Ini Siap Diresmikan

Kompas.com - 06/10/2022, 15:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung dan Tol Pekanbaru-Bangkinang siap diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal ini menyusul sudah dikeluarkannya sertifikat laik fungsi (SLF) maupun sertifikat laik operasi (SLO) pada kedua jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) tersebut. 

Informasi tersebut disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit usai jumpa pers di Kantor Kementerian PUPR, Rabu (5/10/2022).

"Sampai akhir tahun ini, kita harapkan yang sudah dapat sertifikat laik operasi itu adalah (Tol) Pekanbaru-Bangkinang. Mungkin yang paling promising (menjanjikan) itu. (Tol) Bengkulu-Taba Penanjung kan sudah dioperasikan," tambah dia.

Akan tetapi, kata dia, kepastian kedua ruas tersebut akan diresmikan masih disesuaikan dengan jadwal Presiden Jokowi.

Baca juga: Bila Tol Beroperasi, Perjalanan Pekanbaru-Bangkinang Cuma 30 Menit

Kehadiran Tol Pekanbaru-Bangkinang akan berperan dalam kelancaran mobilitas dan memangkas waktu tempuh perjalanan.

Sebelumnya, jika berkendara menggunakan jalan nasional dari Pekanbaru hingga Bangkinang biasanya memakan waktu hingga 1 jam 30 menit.

Akan tetapi jika jalan tol telah beroperasi, nanti lama perjalanan hanya 30 menit dengan rata-rata kecepatan berkendara maksimal 80 kilometer per jam.

 Baca juga: Sejumlah Ruas Jalan Tol Akan Alami Penyesuaian Tarif

Sementara Tol Bengkulu-Taba Penanjung akan membuat waktu tempuh dari Bengkulu ke Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah lebih cepat.

Setidaknya, hanya memakan waktu kurang lebih 15 menit dengan kecepatan berkendara maksimal 80 kilometer per jam.

Sementara jika berkendara dari Bengkulu ke Taba Penanjung atau sebaliknya melalui jalan nasional dapat memakan waktu tempuh kurang lebih 60 menit.

Adapun kedua ruas jalan tol tersebut dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Karya yakni PT Hutama Karya (Persero).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.