Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Kabar Terbaru Proyek Tol Japek II Selatan Paket 3 Sukabungah-Sadang

Kompas.com - 06/10/2022, 12:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) yang mengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan mencatat progres Paket 3 Sukabungah-Sadang.

Hingga awal Oktober 2022, progres konstruksi paket sepanjang 30,6 Km itu telah mencapai 69,11 persen. Sementara, untuk pembebasan lahan di paket tersebut telah mencapai 92,30 persen.

Jalan Tol Japek II Selatan Paket 3 terdiri dari dua Seksi, yaitu Seksi 5 Sukabungah-Sadang sepanjang 22,1 Km, dan Seksi 6 Kutanegara-Sadang sepanjang 8,5 Km.

Direktur Utama PT JJS Charles Lendra menjelaskan, progres lahan dan konstruksi untuk Paket 3 tersebut telah memperhitungkan penambahan lahan dan penyesuaian Rencana Teknik Akhir (RTA) atas penggeseran lokasi simpang susun yang semula di Tamanmekar menjadi di Sukabungah.

Dengan penggeseran ini juga terdapat tambahan main road (jalan utama) sepanjang kurang lebih 3 Km yang telah masuk dalam tambahan lingkup.

"Saat ini kami menunggu revisi Penetapan Lokasi (Penlok) dari Gubernur Jawa Barat yang tengah diproses," ujar Charles dalam rilis pers, Kamis (06/10/2022).

"Untuk mendukung ini, kami bersama dengan tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan lahan telah melakukan sosialisasi dan pendataan awal yang dilanjutkan dengan konsultasi publik," tandasnya.

Baca juga: Mudik Akhir Tahun Bisa Lewat Tol Japek II Selatan Segmen Sadang-Kutanagara

Adapun dengan progres tersebut, PT JJS optimistis bisa mengejar pembangunan konstruksi Paket 3 Sukabungah-Sadang yang ditargetkan selesai pada pertengahan 2023.

Menurutnya hal itu dengan memperhitungkan progres pembebasan lahan paket, termasuk lahan tambahan yang berjalan sesuai target, yaitu selesai pada akhir 2022.

Sementara untuk Paket 3 Seksi 6 Kutanegara-Sadang sepanjang 8,5 Km yang saat ini progres konstruksinya telah mencapai 93,64 persen.

Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Paket 3 Sukabungah-Sadang.Dok. Jasa Marga Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Paket 3 Sukabungah-Sadang.
Dinilai jauh lebih siap dan dapat digunakan secara fungsional oleh kendaraan kecil/golongan I (non bus) untuk mendukung operasional saat libur Natal dan Tahun Baru 2023.

"Sama seperti periode Lebaran 2022 kemarin, selama masa fungsional belum diberlakukan tarif tol, sehingga hanya membayar tarif tol sesuai ruas jalan tol yang dilalui sebelumnya dengan tujuan exit GT Sadang Jalan Tol Cipularang," jelas Charles.

Saat ini prioritas pembebasan lahan dan konstruksi Jalan Tol Japek II Selatan dimulai dari Sadang terlebih dahulu. Dari pembagian tiga paket pekerjaan untuk keseluruhan proyek.

Baca juga: Tangani Banjir Tol Pondok Aren-Serpong, Begini Upaya Kementerian PUPR dan BUJT

Meliputi Paket 1 Jatiasih-Setu, terdiri dari Seksi 1 Jatiasih-Bantargebang dan Seksi 2 Bantargebang Setu.

Lalu Paket 2 Setu-Sukabungah, terdiri dari Seksi 3 Setu-Sukaragam dan Seksi 4 Sukaragam-Sukabungah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com