Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLTS di Jalan Tol Bali-Mandara Resmi Beroperasi

Kompas.com - 21/09/2022, 17:39 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Jalan Tol Bali-Mandara telah resmi beroperasi mulai Rabu (21/9/2022) sebagai bentuk dukungan kegiatan Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022.

Peresmian dilakukan oleh Gubernur Bali I Wayan Koster, Asisten Deputi Bidang Jasa Infrastruktur Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga, Ketua Project Management Office (PMO) G20 Kementerian BUMN Reynaldi Istanto, Direktur Utama PTBA Arsal Ismail, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur, Direktur Utama PT BEI Zulfarli, dan Direktur Utama PT JBT I Ketut Adiputra Karang.

“Untuk mewujudkan pariwisata di Bali ini supaya naik kelas, maka harus dikembangkan pariwisata yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, yang salah satunya terwujud melalui pembangunan PLTS di Jalan Tol Bali Mandara ini,” ujar Wayan Koster dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Rabu (21/9/2022).

Baca juga: Soal Pengembangan PLTS, Indonesia Kalah Jauh dari Negara Tetangga

PLTS ini merupakan bentuk kerja sama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan Jasa Marga untuk mewujudkan pengurangan emisi karbon global, salah satu fokus dalam agenda Presidensi G20 di Indonesia.

Panel surya sepanjang 1 kilometer dipasang di enam titik, masing-masing di akses masuk dan keluar jalur motor di 3 gerbang tol Jalan Tol Bali-Mandara.


Dengan kapasitas maksimum 400 Kilowatt-peak (kWp), energi listrik ini akan digunakan sebagai sumber listrik yang ramah lingkungan untuk lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), kantor operasional, dan juga gerbang tol di Jalan Tol Bali-Mandara.

Selain PLTU, pengerjaan penataan Jalan Tol Bali-Mandara yang berbasis green environment telah rampung bulan Agustus lalu. Proyek ini juga merupakan bagian dalam menyambut penyelenggaraan Presidensi G20 di Bali pada November 2022 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com