Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Sosialisasi, Tol Lima Puluh-Kisaran Beroperasi Gratis

Kompas.com - 09/05/2024, 17:11 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama masa sosialisasi pengoperasian Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi II (Lima Puluh-Kisaran), tarif tol belum dikenakan atau masih tak berbayar alias gratis dilalui pengguna.

Akan tetapi, pengguna jalan tol tetap menyiapkan Kartu Uang Elektronik (UE) untuk tapping (penempelan) di gerbang tol (GT).

Selain itu, tetap mengecek kecukupan saldo Kartu UE, dikarenakan untuk Seksi Indrapura-Lima Puluh telah ditetapkan tarif.

Baca juga: Tol Lima Puluh-Kisaran Masih Bisa Dilintasi hingga 21 April

“Untuk tarif dari Seksi Lima Puluh-Kisaran diperkirakan sekitar Rp 1.338 per kilometernya dan akan kami informasikan setelah Kepmen tarif jalan tol ini dikeluarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” kata Executive Vice President (EVP) Sekretaris PT Hutama Karya (Persero) Adjib Al Hakim dalam siaran pers, Kamis (9/5/2024).

Dalam waktu dekat, jalan tol tersebut akan segera dioperasikan sepanjang 32,15 kilometer.

Ini merupakan sambungan dari Tol Indrapura-Kisaran Seksi I (Indrapura-Lima Puluh) dan telah dioperasikan sejak 10 November 2023.

Dengan dioperasikannya seksi II ini, Tol Indrapura-Kisaran akan terhubung secara penuh. Sehingga, manfaat dari kehadiran ruas ini pun akan semakin nyata, khususnya terkait kemudahan konektivitas antar kota.

“Dengan terhubung secara penuh, tol ini akan mempersingkat waktu tempuh dari arah Medan menuju Kisaran yang semula lima jam menjadi 2,5 jam dan memudahkan pelancong dari arah bandara atau sebaliknya," tambah dia.

Sehingga, mobilitas masyarakat menjadi semakin tinggi dan membuat perjalanan antar-kota menjadi lebih efisien.

Adjib menambahkan, seksi II dari tol ini telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 29 Februari 2024 hingga 31 Maret 2024 lalu dengan hasil Standar Pelayanan Minimal (SPM) telah terpenuhi dan berfungsi dengan baik.

Selain itu jalan tol ini juga telah diuji coba, dengan dioperasikan secara fungsional pada Mudik Lebaran 2024 kemarin selama lebih dari dua minggu, 3 April 2024-21 April 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com