Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Gilimanuk-Mengwi Dilelang Ulang, Basuki: Mudah-mudahan September Teken PPJT

Kompas.com - 18/05/2024, 10:08 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah memulai proses Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, Provinsi Bali.

BPJT telah mengumumkan di dalam laman resminya tertanggal 30 April 2024. Tahapannya yakni proses Prakualifikasi Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi.

Di dalam dokumen itu tertulis bahwa Pengusahaan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi sepanjang 96,84 kilometer dengan perkiraan nilai investasi Rp 24,98 triliun.

Lingkup proyek meliputi melakukan pendanaan, perencanaan teknis, pengoperasian, pemeliharaan untuk keseluruhan jalan tol serta pelaksanaan konstruksi pada porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Bentuk kerja samanya direncanakan dalam bentuk dukungan konstruksi pada Seksi Soka-Mengwi.

Terkait hal tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, awalnya Tol Gilimanuk- Mengwi merupakan proyek unsolicited (diprakarsai oleh badan usaha), namun investor gagal untuk memenuhi financial closed.

"Sehingga kita ambil alih. Dan sekarang kita lelang menjadi solicited (diprakarsai pemerintah)," ujarnya usai mengikuti Rakor Panitia Nasional World Water Forum ke-10 pada Kamis (16/5/2024) di Nusa Dua, Badung, Bali, dikutip dari Tribun Bali.

Baca juga: Bakal Tol Terpanjang di Indonesia Dipastikan Tetap Jadi PSN

Menurut dia, dalam proses lelang kali ini pemerintah menetapkan syarat bahwa investor baru tidak memiliki hubungan usaha dengan investor sebelumnya.

"Dilelang oleh pemerintah untuk mendapatkan investor baru yang tidak ada hubungannya dengan yang kemarin. Itu syaratnya," tandasnya.

Basuki menargetkan proses lelang Pengusahaan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi sudah selesai dan dilakukan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada September 2024.

"Lelangnya mudah-mudahan September nanti bisa ditandatangani PPJT-nya. Kalau sudah tandatangan PPJT baru jalan (dilanjutkan pembangunannya)," pungkas Menteri PUPR.

 

Sejumlah informasi di artikel ini telah tayang di Tribun-Bali.com dengan judul Pembangunan Tol Gilimanuk-Mengwi di Bali Sempat Mangkrak Ditinggal Investor, Ini Kata Menteri PUPR

(Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Ady Sucipto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com