Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Tol Terpanjang di Indonesia Dipastikan Tetap Jadi PSN

Kompas.com - 15/05/2024, 17:07 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) dipastikan tetap jadi proyek strategis nasional (PSN).

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Triono Junoasmono saat ditemui dalam Rapat Kerja Nasional Percepatan Penyelesaian dan Pra-Evaluasi PSN di Park Hyatt Jakarta, Selasa (14/5/2024).

"Iya dipertahankan (status PSN akan dipertahankan)," tegas Yongki.

Akan tetapi, proyek bakal jalan tol terpanjang di Indonesia tersebut sejatinya sudah molor dari target pembangunan.

Tol Getaci tetap dipertahankan sebagai PSN karena merupakan proyek besar yang harus mendapatkan dukungan khusus dari pemerintah.

"Proyek ini besar sekali, bayangkan fisiknya hampir 100 kilometer, jadi memang perlu dukungan pemerintah supaya lebih layak proyeknya," lanjut Yongki.

Baca juga: Rabu Besok, Tol Lima Puluh-Kisaran Bisa Dioperasikan Tanpa Tarif

Namun demikian, proyek Tol Getaci dilaporkan sudah kembali berjalan, yang ditandai lewat adanya pelelangan ulang. Saat ini tahapannya ada di pra-kualifikasi.

Ditargetkan, lelang proyek Tol Getaci bisa rampung pada tahun 2024, sehingga bisa mulai dibangun pada akhir tahun ini atau awal tahun depan.

Sebagai informasi, bila telah rampung dibangun, Tol Getaci sepanjang 206,65 kilometer akan menggeser posisi Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) yang saat ini masih menjadi tol terpanjang di Indonesia dengan bentang 189 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com