Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam PSN Sektor Transportasi Kelar Selepas Tahun 2024, Apa Saja?

Kompas.com - 15/05/2024, 12:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan akan ada enam Proyek Strategis Nasional (PNS) sektor transportasi selepas tahun 2024.

Enam PSN tersebut merupakan bagian dari 10 PSN yang sejauh ini belum diselesaikan dari total 35 PSN sektor transportasi. Sementara empat PSN lainnya diselesaikan pada tahun 2024.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa Kemenhub telah menyelesaikan sebanyak 25 PSN sektor transportasi.

"Dengan adanya pembangunan infrastruktur PSN, diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah, memperlancar mobilitas dan layanan logistik, serta mendorong tumbuhnya titik ekonomi baru di berbagai daerah," ujarnya dalam acara Rapat Kerja Nasional: Percepatan Penyelesaian dan Pra-Evaluasi PSN, di Jakarta, Selasa (14/5/2024), dikutip dari laman Kemenhub.

Baca juga: Tahun Ini, Empat PSN Sektor Transportasi Bakal Selesai

Adapun enam PSN sektor transportasi yang akan diselesaikan di atas tahun 2024 mencakup empat proyek kereta dan dua proyek pelabuhan. Perinciannya meliputi:

  1. MRT Jakarta North-South
  2. MRT Jakarta East-West Fase I
  3. LRT Jakarta Velodrome-Manggarai
  4. Infrastruktur KA Logistik Kalimantan Timur
  5. Pelabuhan Terminal Peti Kemas Muaro Jambi
  6. Pelabuhan New Palembang.

Sementara untuk empat PSN sektor transportasi yang akan selesai tahun 2024, meliputi KA Logistik Lahat-Kertapati, Double Track Jawa Selatan, Pelabuhan Benoa, dan Pelabuhan Sorong.

Kemudian, 25 PSN sektor transportasi yang telah dirampungkan Kemenhub meliputi Bandara Yogyakarta Kulon Progo, Bandara Kediri, Bandara Lombok, Bandara Komodo, Bandara Raja Haji Abdullah Tanjung Balai Karimun, Bandara Nabire Baru, dan Bandara Siboru Fakfak.

Selanjutnya KA Tebing Tinggi-Kuala Tanjung, KA Rantau Prapat-Kota Pinang, LRT Palembang, LRT Jabodebek, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, KA Bandara Yogyakarta, dan KA Makassar-Parepare.

Lalu, Pelabuhan Kuala Tanjung, Pelabuhan Terminal Kijing, Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Sanur, Pelabuhan KEK Maloy, Pelabuhan Teluk Palu, Makassar New Port, Pelabuhan Likupang, Pelabuhan Hub Internasional Bitung, Pelabuhan Kupang, dan Terminal Multipurpose Labuan Bajo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com