Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Bangun Rumah Anti Banjir? Ini Hal yang Perlu Diperhatikan

Kompas.com - 15/05/2024, 08:34 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Rumah anti banjir menjadi salah satu konsep hunian yang diimpikan masyarakat di Indonesia, khususnya yang berada di kawasan rawan banjir.

Membangun rumah di kawasan rawan banjir, penting untuk mengadopsi strategi preventif dalam konstruksi rumah untuk meminimalkan risiko dan dampak banjir.

Antisipasi terbaiknya adalah mempersiapkan hunian yang tangguh menghadapi bencana tersebut. Dengan demikian, risiko banjir dapat diantisipasi jauh sebelumnya.

Co-CEO dan Co-Founder Gravel, Georgi Ferdwindra Putra menjelaskan, langkah pertama yang krusial adalah mencari tahu riwayat banjir dan pola curah hujan di wilayah Anda.

"Ini akan membantu Anda memahami seberapa besar risiko banjir yang mungkin terjadi dan langkah apa saja yang perlu diambil untuk melindungi rumah Anda," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (15/05/2024).

Dengan memahami kondisi lingkungan saat hujan, Anda dapat mengambil langkah-langkah preventif berikutnya, yaitu merancang pembangunan rumah yang dapat membantu melindungi rumah dari berbagai dampak banjir.

Baca juga: 6 Prototipe Rumah Sederhana dari REI Disetujui Pemerintah

Berikut lima hal penting dalam membangun rumah anti-banjir:

  1. Tinggikan Pondasi: Lantai rumah yang lebih tinggi dari permukaan tanah sekitar 40-50 cm dapat mencegah air masuk saat banjir.
  2. Sistem Drainase Satu Arah: Pasang sistem drainase yang efektif dengan katup satu arah agar air tidak kembali masuk ke rumah. Pastikan juga saluran pembuangan, septic tank, dan instalasi listrik berada di area yang aman dari banjir.
  3. Buat Resapan Air: Area resapan air di sekitar rumah berfungsi sebagai penampungan alami yang membantu mengurangi risiko banjir.
  4. Pilih Material Tahan Air: Gunakan material bangunan seperti beton atau bata tahan air untuk mengurangi kerusakan akibat banjir. Desain atap yang mampu mengalirkan air dengan cepat juga penting.
  5. Gunakan Teknologi Modern: Pertimbangkan penggunaan pintu anti banjir, sistem pompa air, dan material tahan korosi untuk perlindungan ekstra terhadap ancaman banjir.

Konsep desain rumah anti banjir sebenarnya bukan hal baru. Di Indonesia, banyak daerah yang sudah menerapkannya sejak dahulu kala, contohnya rumah panggung atau rumah berkonsep double decker yang kini menjadi bagian dari hunian mewah di kawasan Selatan Jakarta.

Begitu pun di luar negeri, Eropa juga menerapkan konsep rumah anti-banjir dengan memanfaatkan bahan bangunan atau material tahan lama, seperti bata dan beton telah terbukti efektif dalam menghadapi berbagai kondisi cuaca ekstrem, termasuk banjir.

Sementara itu, di Jepang, konsep rumah logam yang menggabungkan beton dengan lapisan logam solid menjadi pilihan populer karena kemampuannya dalam menjaga stabilitas rumah saat terjadi pergerakan tanah atau banjir.

Baca juga: Bangun 3 Juta Rumah Per Tahun, Pemerintah Bisa Atasi Kekurangan Backlog

Namun, perlindungan optimal tidak hanya bergantung pada desain rumah anti-banjir. Perawatan rutin terhadap seluruh komponen rumah juga sangat penting.

Misalnya dengan melakukan perbaikan rumah di bagian-bagian yang dapat mencegah terjadinya banjir, seperti saluran air, area resapan air, dan sebagainya.

Co-CEO dan Co-Founder Gravel, Fredy Yanto mengingatkan untuk selalu merawat dan meremajakan komponen-komponen rumah.

"Penundaan perawatan dapat menimbulkan masalah yang merepotkan, terutama saat menghadapi bencana alam, seperti banjir atau gempa," tukasnya.

Dengan demikian, kombinasi antara desain rumah anti-banjir dan perawatan rutin akan memberikan perlindungan maksimal bagi penghuni dan aset berharga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com