Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paruh Pertama 2024, Ada Dua PSN Jalan Tol Kelar Dibangun

Kompas.com - 14/05/2024, 16:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdapat dua proyek strategis nasional (PSN) jalan tol yang ditargetkan kelar dibangun pada Semester I-2024.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Zainal Fatah dalam sambutannya pada Rapat Kerja Nasional Percepatan Penyelesaian dan Pra-Evaluasi PSN di Park Hyatt Jakarta, Selasa (14/5/2024).

"(Akan menyelesaikan proyek) jalan tol sebanyak dua ruas, yaitu Tol Kisaran-Tebing Tinggi dan Tol Cimanggis-Cibitung," kata Zainal Fatah.

Selain dua jalan tol tersebut, juga ada 8 PSN garapan Kementerian PUPR lainnya yang ditargetkan rampung pada paruh pertama 2024.

Dari sektor sumber daya air (SDA) ada 7 bendungan, meliputi Bendungan Temef, Bendungan Margatiga, Bendungan Lausimeme, Bendungan Keureuto, Bendungan Leuwikeris, Bendungan Sidan, dan Bendungan Pamukkulu.

Kemudian ada Daerah Irigasi (DI) Glapan di Jawa Tengah yang juga ditargetkan beres dibangun pada Semester I-2024.

Baca juga: Ini Dia Daftar Jalan Tol yang Dikelola Sang Raja Jasa Marga

Selanjutnya pada semester II-2024, ada 18 PSN yang ditargetkan rampung. Terdiri dari 9 proyek bendungan, 4 DI, 3 SPAM, 1 jalan tol, dan 1 tanggul pantai/laut.

Sehingga total pada tahun 2024, Kementerian PUPR menargetkan bisa menyelesaikan 28 PSN bidang infrastruktur.

Sebagai informasi, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan PSN jalan tol sepanjang 1.500 kilometer dari 27 proyek melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

"Tentu skema ini menjadi upaya kita semua untuk menjadi bentuk-bentuk pembiayaan yang lebih kreatif, untuk memastikan bahwa semua stakeholders dapat bekerja sama untuk memberikan yang terbaik bagi pembangunan Indonesia yang lebih baik," tuntas Zainal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com