Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2024, Aceh dan Sumut Dipastikan Terhubung Jalan Tol

Kompas.com - 03/05/2024, 12:16 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) memastikan penyelesaian Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) sesuai rencana, khususnya pengusahaan jalan tol yang akan menghubungkan dua provinsi di bagian utara Pulau Sumatra, yakni Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).

Pembangunan fisik dua ruas jalan tol yang menghubungkan dua provinsi tersebut telah mencatatkan progres signifikan, yakni Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum, dan Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 3 Tanjung Pura-Pangkalan Brandan.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim menyampaikan, secara akumulasi, progres konstruksi jalan tol yang akan menghubungkan provinsi Aceh dan Sumatra Utara sudah mencapai lebih dari 93 persen. Hutama Karya pun menargetkan rampung pada akhir tahun 2024.

"Karena untuk kedua jalan tol ini sebenarnya sudah beroperasi hampir seluruhnya dengan menyisakan pengerjaan 1 seksi dari masing-masing ruas jalan tol," ujarnya dikutip dari laman Hutama Karya, Jumat (03/05/2024).

Lebih rinci, Adjib menjelaskan, progres konstruksi Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum dengan panjang mainroad 25 km, hingga 30 April 2024 mencapai 84,77 persen, dengan progres pengadaan lahan 87,95 persen. 

Adapun Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2-6 (Seulimum-Blang Bintang) telah beroperasi, dengan rata-rata Volume Lalu Lintas (VLL) 3.000 kendaraan setiap harinya.

Baca juga: Kata Basuki, Palembang-Jambi Bakal Terhubung Jalan Tol Akhir 2025

Sementara dari periode yang sama, progres pembangunan Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 3 Tanjung Pura-Pangkalan Brandan dengan panjang mainroad 18,9 km telah mencapai 91,80 persen, dengan progres pengadaan lahan sebesar 100 persen.

Adapun untuk Seksi 1-2 (Binjai-Tanjung Pura) telah beroperasi, dengan rata-rata VLL 9.000 kendaraan setiap harinya.

Secara akumulasi, kedua jalan tol ini juga akan dilengkapi sejumlah fasilitas struktur diantaranya seperti dua Gerbang Tol, dua Simpang Susun, Jumlah Lajur 2x2, dan Lebar Lajur 3,6 meter. Lalu kecepatan rencana kedua jalan tol ini adalah 100 km/jam. 

"Sementara itu, untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan tol, Hutama Karya juga tengah menyelesaikan konstruksi Tempat Istirahat Pelayanan (TIP) Tipe A sebanyak tiga pasang," imbuhnya.

Kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat memperlancar konektivitas antar Provinsi Aceh dan Sumut, mempersingkat waktu tempuh perjalanan lebih efisien, penurunan biaya transportasi, serta menstimulasi pertumbuhan ekonomi setempat.

Saat ini pembangunan infrastruktur di dua provinsi tersebut menjadi fokus pemerintah. Hal ini ditunjukkan dengan dukungan dari Pemerintah yang didapatkan oleh Hutama Karya, melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2024 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 100 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera.

"Dalam perpres baru, sejumlah jalan tol yang akan memperkuat jaringan jalan tol di bagian utara Sumatra masuk dalam pembangunan tahap III, dimana sebelumnya jalan tol ini berada pada daftar pembangunan tahap IV," tutup Adjib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com