Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Tol Cileles-Panimbang Hampir Rampung

Kompas.com - 03/05/2024, 09:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres proyek Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Fase 1 Cileles-Panimbang sudah mencapai 50,1 persen.

Dilansir dari laman resmi PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), WIKA memiliki lingkup kerja di Ruas Rangkasbitung-Simpang Susun Bojong, dengan pekerjaan yang mencakup konstruksi jalan dan jembatan sepanjang 3,72 kilometer.

Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito menyampaikan, sebagai salah satu proyek strategis nasional (PSN), Tol Cileles-Panimbang menjadi salah satu proyek yang terus digeber dengan target selesai pada tahun 2024.

Pembangunan di ruas tersebut akan membantu meningkatkan jumlah kendaraan di Tol Serang-Panimbang yang dikelola oleh WIKA Serang Panimbang sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Ruas ini juga akan mendukung akses menuju kawasan pariwisata Banten dan sekitarnya dengan mempersingkat waktu tempuh DKI Jakarta-Tanjung Lesung dari 4 jam menjadi 2,5 jam.

Keberadaan tol ini turut berkontribusi terhadap perkembangan perekonomian masyarakat, khususnya kawasan Banten Tengah dan Banten Selatan.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Material Tol Padang-Sicincin, HK Gandeng Korem 032/Wirabraja

WIKA juga tengah mengerjakan Tol Serang-Panimbang Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,17 kilometer. Sementara Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Serang-Rangkasbitung saat ini telah beroperasi.

Pembangunan kedua seksi tersebut telah memberikan kontribusi positif, misalnya lewat penyerapan tenaga kerja konstruksi sekitar 1.300 orang hingga pembelanjaan UMKM mitra kerja proyek senilai kurang lebih Rp 1 triliun.

"Kami senantiasa mendorong keterlibatan UMKM dalam pembangunan berbagai proyek kami, termasuk Jalan Tol Serang Panimbang," ungkap Agung BW.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com