Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/05/2024, 15:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem transaksi jalan tol non-tunai nirsentuh nirhenti atau Multi Lane Free Flow (MLFF) telah diresmikan menjadi salah satu sistem transaksi jalan tol di Indonesia.

Hal ini ditandai lewat penetapan dan pemberlakuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2024 tentang Jalan Tol mulai tanggal 20 Mei 2024.

Adapun inovasi sistem transaksi penggunaan jalan tol terbaru ini sudah ditetapkan menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

Bahkan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan MLFF akan langsung diterapkan di Jalan Tol IKN.

Berikut perjalanan sistem transaksi tol nirsentuh MLFF:

MLFF Jadi PSN

Masuknya MLFF dalam daftar PSN baru sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Koordinator (Permenko) Nomor 6 Tahun 2024.

Dijelaskan bahwa MLFF dilaksanakan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) senilai Rp 4,49 triliun.

Baca juga: Sistem Transaksi Tol MLFF Bisa Kurangi Kemacetan hingga Polusi Udara

Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan, penambahan MLFF ke dalam daftar PSN baru non-Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) bukan tanpa alasan.

"Karena ini kan program yang sangat strategis, sangat penting, jadi memang kita tentunya dengan persetujuan bahwa program ini memang harus diangkat jadi scoop yang lebih nasional lagi, karena ini lintas sektoral, bukan hanya Kementerian PUPR saja, tetapi meliput berbagai instansi terkait," papar Yongki saat ditemui dalam Rapat Kerja Nasional Percepatan Penyelesaian dan Pra-Evaluasi PSN di Park Hyatt Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Diterapkan di Tol IKN Tahun 2024 

Menteri Basuki mengatakan, MLFF bakal langsung diterapkan di Jalan Tol IKN yang ditargetkan bisa dilintasi satu arah pada Agustus 2024.

"Saya kira iya," jawab Basuki saat ditemui di The 19th ITS Asia Pacific Forum 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Namun demikian Basuki mengatakan bahwa pada tahap awal, Jalan Tol IKN baru akan menerapkan Single Lane Free Flow (SLFF).

Baca juga: Aplikasi MLFF Cantas Belum Ada di Play Store, Ini Penjelasan Kementerian PUPR

"Kalau Jalan Tol di IKN kita langsung SLFF nanti," lanjut Basuki.

Penerapan MLFF secara bertahap mulai dari SLFF dengan barrier ini merupakan proses transformasi sistem transaksi tol, sehingga bisa lebih mudah dievaluasi bila ditemui kekurangan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Attila Keszeg selaku Badan Usaha Pelaksana (BUP) MLFF mengungkapkan, sistem ini ditargetkan mulai diterapkan pada paruh kedua tahun 2024.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com