Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Tuntas Deklarasikan 19 Kabupaten/Kota Lengkap

Kompas.com - 29/05/2024, 16:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah mendeklarasikan 19 Kota/Kabupaten Lengkap.

Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan, pihaknya akan siap mendeklarasikan lagi 14 Kabupaten/Kota Lengkap.

"Beberapa hari ke depan, kita akan tambah lagi dengan 14 Kabupaten lengkap. Sehingga, total 33," ungkap AHY usai acara Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Direktorat Jenderal (Ditjen) Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang (SPPR) Tahun 2024 di Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Menuju 104 Kabupaten/Kota Lengkap pada akhir tahun ini, pihaknya sangat optimistis dapat mencapainya.

Baca juga: Jokowi Luncurkan INA Digital GovTech, AHY Siap Integrasikan Layanan Pertanahan

AHy menambahkan, hal ini dinilai penting karena seluruh peta bidang tanah di Kabupaten/Kota tersebut telah telah terdaftar.

Dengan begitu, masyarakat maupun pelaku bisnis akan mendapatkan berbagai keuntungan, salah satunya lahan yang digunakan semakin jelas dan bebeas dari sengketa yang menyulitkan mereka.

Oleh karena itu, Rakernis Ditjen SPPR Tahun 2024 ini dinilai AHY dapat menambah ilmu pengetahuan dan dorongan semangat para pegawai Kementerian ATR/BPN menuju target tersebut.

Sebelumnya, AHY membeberkan kendala yang dihadapi dalam mengejar target 104 Kabupaten/Kota Lengkap di Indonesia.

Ternyata, hal ini diakibatkan oleh sumber daya manusia (SDM) internal Kementerian ATR/BPN dan partisipasi masyarakat, juga anggaran.

"Pertama adalah SDM, tapi kami punya cara untuk bisa mengoptimalkan SDM internal termasuk juga kalangan masyarakat, partisipasi masyarakat juga itu kita kedepankan. Ini juga menjadi catatan dan menjadi pencapaian," terang AHY.

Sementara yang kedua soal anggaran yang diharapkan Kementerian ATR/BPN dapat mencukupi kebutuhan masalah pertanahan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com