Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diklaim Makin Progresif, Ini Perkembangan Proyek Tol Padang-Sicincin

Kompas.com - 20/05/2024, 12:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Penyelesaian Jalan Tol Padang-Sicincin menjadi salah satu fokus PT Hutama Karya (Persero) pada sisa tahun 2024.

Manajemen Hutama Karya, dalam hal ini Direktur Operasi III, Koentjoro bersama Direktur Utama Hutama Karya Infrastruktur, Aji Prasetyanti, sebagai kontraktor yang mengerjakan Jalan Tol Padang–Sicincin meninjau proyek selama dua hari, pada Kamis (16/5/2024) hingga Jumat (17/5/2024).

Koentjoro menyebutkan bahwa hingga 11 Mei 2024, progres pembangunan proyek Jalan Tol Padang-Sicincin sepanjang 36,6 km sudah mencapai lebih dari 61 persen.

Sementara untuk progres pengadaan lahan telah mencapai 95,97 persen. Masih menyisakan di beberapa titik, seperti Km 31 hingga Km 33, serta beberapa bidang lahan di Nagari Sungai Buluh Selatan.

Hutama Karya pun mengharapkan lahan di dua titik tersebut dapat dibebaskan secepatnya sehingga bisa segera menyambungkan jalan tol secara utuh.

"Di samping capaian yang positif ini, kami masih membutuhkan support dari Pemprov Sumatera Barat untuk penetapan lokasi lahan akses, juga Kanwil BPN Provinsi Sumbar, serta berbagai pihak untuk pembebasan keseluruhan lahan agar operasional Tol Padang-Sicincin dapat segera direalisasikan sepenuhnya,” ujar Koentjoro, dikutip dari laman Hutama Karya.

Baca juga: Tol Gilimanuk-Mengwi Dilelang Ulang, Basuki: Mudah-mudahan September Teken PPJT

Lebih lanjut, dia menyampaikan, tantangan penyelesaian pembangunan jalan bebas hambatan pertama di Provinsi Sumatera Barat adalah pengadaan lahan, serta kontur tanah yang berbukit-bukit yang memerlukan kecermatan dalam pembangunan konstruksi.

Namun, berkat dukungan semua elemen yang terlibat dalam proses pembebasan ini, progres pembangunan di lapangan dapat diakselerasikan, dan agar bisa segera dinikmati masyarakat setempat.

"Melihat progres ini, kita optimis bila pembebasan lahan dapat diselesaikan sesuai target, maka penyelesaian proyek akan dapat diselesaikan tepat waktu," tandasnya.

Jalan tol yang dinantikan oleh masyarakat Sumatra Barat ini akan memiliki sejumlah fasilitas, di antaranya 3 gerbang tol, 1 pasang Tempat Istirahat & Pelayanan (TIP) Tipe A pada STA 23+000 A, dan sejumlah bangunan persilangan seperti 8 jembatan sungai, 2 jembatan irigasi, dan 14 jembatan underbridge.

Selain itu, jalan tol ini juga akan dilengkapi dengan jumlah lajur 2x2, dengan kecepatan rencana 80 km per jam.

Hal ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Padang ke Bukittinggi menjadi hanya 1 jam sehingga dapat meningkatkan pariwisata daerah dan pengembangan wilayah sekitar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com