Kompas.com - 04/10/2022, 20:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 kilometer tengah dikebut.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Selasa (04/10/2022), saat ini telah memasuki progres konstruksi sebesar 84,42 persen.

Namun khusus untuk gate to gate (Exit Tol Desa Sungai Pinang-Exit Tol Bangkinang) sepanjang 30,7 kilometer telah selesai konstruksinya dan siap beroperasi.

Kehadiran Tol Pekanbaru-Bangkinang akan berperan dalam kelancaran mobilitas dan memangkas waktu tempuh perjalanan.

Sebelumnya jika berkendara menggunakan jalan nasional dari Pekanbaru hingga Bangkinang biasanya memakan waktu hingga 1 jam 30 menit.

Baca juga: ODOL Dilarang Masuk Tol Bakter, Ada WIM di GT Lematang

Akan tetapi jika jalan tol telah beroperasi, nanti lama perjalanan hanya 30 menit dengan rata-rata kecepatan berkendara maksimal 80 kilometer per jam.

Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero).

Rencananya akan menjadi tol kedua di Bumi Lancang Kuning yang dioperasikan setelah Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang telah beroperasi sejak tahun 2020 lalu.

Sebelumnya, Tol Pekanbaru-Bangkinang telah dilakukan uji coba fungsional pada arus mudik Lebaran 2022 untuk membantu masyarakat Riau dengan tujuan Sumatera Barat dan sekitarnya.

Baca juga: Bangun Tol Trans Sumatera, Hutama Karya Dapat Kucuran Dana PMN Rp 28 Triliun

Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan bagian dari koridor sirip ruas Tol Pekanbaru-Padang yang membentang sepanjang 254 kilometer.

Sehingga dapat menghubungkan Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat demi meningkatkan kelancaran logistik dan mengurangi waktu tempuh perjalanan antar wilayah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.