Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bila Tol Beroperasi, Perjalanan Pekanbaru-Bangkinang Cuma 30 Menit

Kompas.com - 04/10/2022, 20:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 kilometer tengah dikebut.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Selasa (04/10/2022), saat ini telah memasuki progres konstruksi sebesar 84,42 persen.

Namun khusus untuk gate to gate (Exit Tol Desa Sungai Pinang-Exit Tol Bangkinang) sepanjang 30,7 kilometer telah selesai konstruksinya dan siap beroperasi.

Kehadiran Tol Pekanbaru-Bangkinang akan berperan dalam kelancaran mobilitas dan memangkas waktu tempuh perjalanan.

Sebelumnya jika berkendara menggunakan jalan nasional dari Pekanbaru hingga Bangkinang biasanya memakan waktu hingga 1 jam 30 menit.

Baca juga: ODOL Dilarang Masuk Tol Bakter, Ada WIM di GT Lematang

Akan tetapi jika jalan tol telah beroperasi, nanti lama perjalanan hanya 30 menit dengan rata-rata kecepatan berkendara maksimal 80 kilometer per jam.

Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero).

Rencananya akan menjadi tol kedua di Bumi Lancang Kuning yang dioperasikan setelah Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang telah beroperasi sejak tahun 2020 lalu.

Sebelumnya, Tol Pekanbaru-Bangkinang telah dilakukan uji coba fungsional pada arus mudik Lebaran 2022 untuk membantu masyarakat Riau dengan tujuan Sumatera Barat dan sekitarnya.

Baca juga: Bangun Tol Trans Sumatera, Hutama Karya Dapat Kucuran Dana PMN Rp 28 Triliun

Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan bagian dari koridor sirip ruas Tol Pekanbaru-Padang yang membentang sepanjang 254 kilometer.

Sehingga dapat menghubungkan Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat demi meningkatkan kelancaran logistik dan mengurangi waktu tempuh perjalanan antar wilayah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com