Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlaku Selasa Ini, Berikut Rincian Tarif Tol Serbaraja Seksi 1A

Kompas.com - 04/10/2022, 05:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) Seksi 1A resmi mulai berbayar pada Selasa (04/10/2022) pukul 00.00 WIB.

Hal itu Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kepmen PUPR) Nomor 1116/KPTS/M/2022 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Serbaraja Seksi 1A.

Tol Serbaraja Seksi 1A menghubungkan ujung jalan tol eksisting (Ulujami-Pondok Aren-Serpong) di sisi klaster The Green BSD City menuju simpang susun CBD BSD City (di sisi Aeon Mall) dan terkoneksi langsung dengan kawasan TOD Intermoda BSD City.

Mengutip dari laman resmi Sinarmas Land, ruas tol ini sebelumnya telah beroperasi fungsional pada 10-21 Agustus 2022 tanpa pengenaan tarif.

Lalu telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 September 2022 dan kembali dioperasionalkan tanpa tarif sampai 3 Oktober 2022 sebagai masa sosialisasi.

Baca juga: Pemerintah Akui Bangun Tol Serpong-Balaraja Terbilang Lambat

Presiden Direktur PT Trans Bumi Serbaraja Siswanto Adisaputro mengatakan, terhitung mulai 4 Oktober 2022 pukul 00.00 WIB, ruas Tol Serbaraja Seksi 1A resmi bertarif sesuai dengan Surat Keputusan Menteri PUPR yang telah diterbitkan.

Berikut rincian tarif Tol Serbaraja Seksi 1A:

  • Kendaraan Golongan I dikenakan tarif sebesar Rp 5.500;
  • Kendaraan Golongan II & III dikenakan tarif sebesar Rp 8.500;
  • Kendaraan Golongan IV & V dikenakan tarif sebesar Rp 11.000.

Menurut dia, dengan beroperasinya Tol Serbaraja seksi 1A sepanjang sekitar 4 km diharapkan dapat mengurai kemacetan yang terjadi di wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Baca juga: 3 Jalur Tambahan Tol Becakayu Resmi Beroperasi, Ini Lokasinya

"Selain itu, keberadaan tol ini mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga kesejahteraan masyarakat di kedua wilayah serta Provinsi Banten," tandas pria juga menjabat sebagai Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk itu.

Untuk diketahui, Tol Serbaraja merupakan proyek yang dikembangkan oleh Sinarmas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk sebagai pemegang saham utama dari PT Trans Bumi Serbaraja.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com