Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Capaian Pendaftaran Tanah di Indonesia Salah Satu Terbesar Se-Dunia

Kompas.com - 10/05/2024, 12:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Capaian pendaftaran tanah di Indonesia termasuk terbesar se-dunia.

Terhitung per April 2024, capaian pendaftaran tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) telah mencapai 112 juta bidang.

Ditargetkan sebanyak 120 juta bidang tanah di Indonesia sudah terdaftar hingga tahun 2024 dan meningkat menjadi 126 juta bidang tanah yang ditargetkan sudah terdaftar hingga tahun 2025.

Oleh karenanya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) akan berbagi kisah keberhasilan dan pengalaman pemerintahan Presiden Jokowi dalam mempercepat Reforma Agraria dalam forum internasional yang diselenggarakan Bank Dunia di Washington DC, Amerika Serikat.

AHY bakal menyuarakan semua itu saat menjadi narasumber dalam Global Policy Forum yang diselenggarakan oleh Bank Dunia.

Dirinya akan mengisi Panel I pada bahasan Global Land Agenda: Global Land Policy Forum dengan tema "Strategies for Success by Government Champions".

Baca juga: AHY Pastikan Lahan Relokasi Korban Erupsi Gunung Ruang Clean and Clear

Berdasarkan informasi dari Kementerian ATR/BPN, AHY beserta rombongan bertolak ke Amerika Serikat pada Rabu (8/5/2025) melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Selain soal keberhasilan pendaftaran tanah, AHY juga akan menyuarakan mengenai transformasi digital di bidang pertanahan dan tata ruang.

Wujudnya bisa dilihat lewat implementasi sertifikat tanah elektronik yang mulai berjalan sejak akhir tahun 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com