Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Penumpang MRT Jakarta Tembus Dua Juta Orang

Kompas.com - 04/10/2022, 10:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta mencatatkan kenaikan jumlah penumpang.

Dilansir dari laman resmi MRT Jakarta, Selasa (4/10/2022), jumlah penumpang MRT Jakarta per September 2022 mencapai 2.014.829 orang.

Jumlah tersebut menunjukkan bahwa rata-rata per hari sekitar 67.161 orang menggunakan MRT Jakarta dengan 7.550 perjalanan kereta.

Ketepatan waktu tempuh, kedatangan, dan berhenti ratangga pun mencapai 99,96 persen.

Jumlah keterangkutan tersebut menunjukkan adanya kenaikan sekitar 150.032 orang dari bulan sebelumnya, yaitu 1.864.797 orang dengan rata-rata harian mencapai 60.155 orang.

Baca juga: Profil Proyek MRT Harmoni-Mangga Besar, Stasiun Empat Lantai di Bawah Tanah

Kenaikan angka keterangkutan ini menunjukkan kepercayaan tinggi masyarakat terhadap layanan MRT Jakarta.

Hal ini juga terwujud lewat strategi yang diterapkan, seperti bekerja sama dengan berbagai pihak mencakup sektor kuliner, aktivitas, hingga pusat perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, hingga promo tiket di sejumlah tempat wisata.

Kerja kolaborasi dengan sejumlah operator transportasi publik pengumpan atau feeder juga mendorong peningkatan angka keterangkutan.

Angkutan feeder yang dimaksud meliputi PPD, Tebengan, hingga Swoop. Kehadiran angkutan pengumpan ini berdampak tidak saja terhadap kenaikan angka keterangkutan, tapi juga mendorong kebudayaan menggunakan platform berbagi kendaraan  atau ride sharing.

Di sisi lain, pada 2022 MRT Jakarta menargetkan angka keterangkutan rata-rata harian dapat menyentuh 40 ribu orang per hari.

Baca juga: Warga Jakarta Bisa Nikmati Dua Proyek TOD MRT, Ini Lokasinya

Sehingga diharapkan sejumlah kebijakan dapat dilaksanakan seperti percepatan regulasi yang mendukung penggunaan transportasi publik oleh pemerintah seperti electronic road pricing dan penyesuaian tarif parkir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com