Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal III, BP Tapera Salurkan Rp 17,12 Triliun untuk 154.010 Rumah

Kompas.com - 14/10/2022, 13:14 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama Kuartal III tahun 2022, Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) melalui bank penyalur telah menyalurkan pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bagi 154.010 unit rumah.

Jumlah ini mencerminkan 68,15 persen atau senilai Rp 17,12 triliun dari total target penyaluran FLPP tahun ini sebanyak 226.000 rumah.

Komisioner BP Tapera Adi Setianto meminta agar bank penyalur FLPP bersama Tapera bisa lebih bekerja keras untuk mencapai target penyaluran tahun ini.

"Layanan, kualitas rumah dan ketepatan sasaran jangan pernah dikesampingkan,” ungkap Adi dalam rilisnya, Jumat (14/10/2022).

Sebagai bentuk penghargaan atas capaian dari bank penyalur FLPP Kuartal III tahun 2022, BP
Tapera memberikan reward (penghargaan) dalam empat kategori.

Baca juga: Hingga Agustus 2022, SMF Sudah Salurkan KPR FLPP Rp 12,2 Triliun

Ini meliputi kategori capaian tertinggi dari sisi realisasi penyaluran FLPP, pertumbuhan tertinggi pada Kuartal III jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kemudian, kategori dengan rapor terbaik yang meliputi kepatuhan dari sisi administrasi, serta kategori bank dari sisi komitmen terbaik yang melihat tingkat konsistensi bank terhadap implementasi komitmen yang sudah disepakati.

Kategori penghargaan untuk capaian Kuartal III tahun 2022 diraih oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN dengan penyaluran sebanyak 80.954 unit.

Kemudian disusul BTN Syariah sebanyak 17.602 unit, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sejumlah 15. 069 unit.

Sedangkan untuk penghargaan dengan kategori pertumbuhan tertinggi tahun 2021 ke tahun 2022, diraih oleh Bank PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Barat dan Banten Tbk, serta BTN Syariah.

Selanjutnya, untuk kategori Bank penerima penghargaan kategori rapor terbaik diraih oleh
BPD Sumut, Bank Kalbar Syariah, dan  Bank Aceh Syariah.

Sedangkan untuk penerima penghargaan untuk kategoribank dengan Konsistensi Komitmen terbaik Kuartal III tahun ini diraih oleh BJB Syariah, BPD Sumselbabel Syariah, Bank DKI, dan BPD BPJB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com