Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Kertajati Disiapkan Jadi Pusat Logistik, Embarkasi Haji dan Umrah

Kompas.com - 09/03/2022, 14:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memproyeksikan Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka sebagai pusat logistik, tempat pemeliharaan pesawat hingga sebagai lokasi embarkasi dan debarkasi jamaah haji dan umrah. 

"Kami tengah menyiapkan Bandara Kertajati untuk menjadi pusat kegiatan logistik dan pemeliharaan pesawat, selain menjadi tempat embarkasi dan debarkasi haji dan umrah," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Rabu (9/3/2022).

Bandara Kertajati semakin aktif melayani penerbangan kargo setelah maskapai Asia Cargo terbang dari bandara ini sejak Desember 2021.

Baca juga: Lewat Tol Cisumdawu, Waktu Tempuh Bandung-Bandara Kertajati 1 Jam

Ditambah maskapai Trigana Air dan Avia Cargo selaku perusahaan pengiriman dan pengangkutan barang pun mulai terbang, Selasa (8/3/2022).  

Budi megapresiasi Trigana Air dan Avia Cargo yang memilih menggunakan Bandara Internasional Kertajati untuk melakukan kegiatan pengiriman dan bongkar muat kargo.

“Ini suatu gebrakan yang baik. Meski masih di tengah pandemi, sekarang setiap hari ada penerbangan di Kertajati. Bahkan pada hari tertentu ada dua kali penerbangan kargo yang terisi penuh,” ucapnya. 

Budi menuturkan, pemerintah mendukung upaya yang dilakukan stakeholder penerbangan dalam rangka menggerakan kembali industri penerbangan yang sempat terdampak pandemi.

Untuk wilayah Jawa Barat, ada daerah Cirebon, Patimban, dan Majalengka yang merupakan segitiga strategis yang memiliki potensi untuk dikembangkan untuk menciptakan titik-titik ekonomi baru.

"Pelabuhan Patimban sudah kita bangun, dan ditargetkan ada lebih dari 160.000 ekspor kendaraan tahun ini. Jadi jangan ragu untuk melakukan kegiatan kargo di sini. Ini akan membuka lapangan pekerjaan yang banyak di sini,” tutur Budi. 

Guna mendukung Bandara Kertajati sebagai pusat kegiatan logistik, di bandara ini tengah dilakukan beberapa pengembangan e-commerce hub (cargo village) dan optimalisasi penerbangan kargo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com