MRT Jakarta Sediakan Layanan Integrasi Bus Sekolah, Ini Rutenya

Kompas.com - 27/01/2022, 15:00 WIB

 JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) dan Unit Pengelolaan Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta bekerja sama menyediakan layanan transportasi terintegrasi yaitu sistem pengumpan bagi pengguna MRT Jakarta dan bus sekolah DKI Jakarta.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi dan Kepala Unit Pengelola Angkutan Sekolah Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Ali Murtadho, Rabu (26/01/2022). 

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan kerja sama yang dilakukan ini dalam rangka mendoroang sistem integrasi di Jakarta.

Baca juga: MITJ Gandeng Perusahaan Jepang Kembangkan TOD di Jabodetabek

Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta terus berupaya melakukan perubahan pradigma dengan mendorong sistem transit dari yang sebelumnya lebih ke private vehicle beralih menjadi public vehicle.

Perubahan ini membuat Jakarta menempatkan angkutan rel sebagai backbones di mana MRT Jakarta jadi ujung tombak mobilisasi masyarakat di Jakarta.

"Jadi dua rute ini merupakan rute awal, kedepannya akan dikembangkan rute lainnya bekerja sama dengan Jaklingko untuk menghadirkan integrasi," kata Syafrin dalam keterangannya, Kamis (27/01/2022).

Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi mengatakan, saat ini pengembangan dilakukan masih dalam bentuk penyediaan konektivitas transit pengumpan dari armada bus milik Unit Pengelolaan Angkutan Sekolah (UPAS) ke MRT Jakarta.

Tidak menutup kemungkinan nantinya juga akan dibuatkan model paket perjalanan transportasi MRT Jakarta khusus pelajar seperti program Jelajah Jakarta MRT dan Bus Sekolah. 

Kerja sama ini akan menjajaki skema layanan transportasi terintegrasi terhadap infrastruktur dan layanan penunjang lainnya. Rencananya, nota kesepahaman ini akan berlaku selama satu tahun.

Untuk saat ini, UPAS menyediakan 166 unit bussekolah yang melayani 20 rute regular dan
13 zonasi yang dapat digunakan para pelajar secara gratis pada pukul 05.30-07.00 WIB,
11.00-16.00 WIB, dan 17.00-19.00 WIB.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.