Kompas.com - 27/01/2022, 13:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) menargetkan uji laik fungsi (ULF) Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi II Pamulang-Cinere dilaksanakan Kuartal I 2022.

Hal ini dilatarbelakangi oleh rampungnya pembangunan seksi sepanjang 3,64 kilometer tersebut sejak November 2021.

Direktur Utama CSJ Mirza Nurul Handayani menjelaskan, saat ini masih dalam proses Serah Terima Sementara (PHO).

"Kami berharap, ULF bisa dilaksanakan Triwulan I Tahun 2022 untuk memastikan kelayakan jalan tol, mulai dari pemeriksaan sarana dan prasarana, marka jalan, hingga operasionalnya," terang Mirza dikutip dari siaran persnya, Kamis (27/1/2022).

Mirza menjelaskan, ULF merupakan tahap terakhir dari rangkaian progres pembangunan Tol Serpong Cinere Seksi Pamulang-Cinere sebelum dioperasikan dan bisa digunakan oleh masyarakat.

ULF dilaksanakan demi memastikan semua persyaratan teknis dan kelengkapan jalan yang ada di ruas jalan sesuai standar manajemen dan keselamatan lalu lintas (lalin).

Baca juga: Jasa Marga Pastikan Tol Pamulang-Cinere Selesai Oktober 2021

Kegiatan ULF dilaksanakan oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), hingga Korlantas Polri.

Dengan kesiapan fasilitas dan pelayanan operasional yang telah disiapkan CSJ di Pamulang-Cinere, Mirza optimistis seksi tersebut akan lulus tahap ULF.

Senada dengan Mirza, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru juga kembali mengingatkan pengguna jalan sejak April 2021 lalu, Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Tol Serpong-Cinere telah dioperasikan.

"Selain itu, menyambung Tol Kunciran-Serpong yang telah lebih dahulu beroperasi yakni tahun 2019," kata Heru.

Ketiganya masuk dalam jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 untuk menambah alternatif dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Jalan Tol Serpong Cinere Seksi Pamulang-Cinere ini akan melengkapi Serpong-Pamulang yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dioperasikan pada April 2021 lalu.

Infrastruktur konektivitas ini memiliki total panjang 10,14 kilometer yang terdiri dari Seksi I Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 kilometer dan Seksi II Pamulang Cinere sepanjang 3,64 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.