Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

MRT Jakarta Sediakan Layanan Integrasi Bus Sekolah, Ini Rutenya

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi dan Kepala Unit Pengelola Angkutan Sekolah Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Ali Murtadho, Rabu (26/01/2022). 

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan kerja sama yang dilakukan ini dalam rangka mendoroang sistem integrasi di Jakarta.

Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta terus berupaya melakukan perubahan pradigma dengan mendorong sistem transit dari yang sebelumnya lebih ke private vehicle beralih menjadi public vehicle.

Perubahan ini membuat Jakarta menempatkan angkutan rel sebagai backbones di mana MRT Jakarta jadi ujung tombak mobilisasi masyarakat di Jakarta.

"Jadi dua rute ini merupakan rute awal, kedepannya akan dikembangkan rute lainnya bekerja sama dengan Jaklingko untuk menghadirkan integrasi," kata Syafrin dalam keterangannya, Kamis (27/01/2022).

Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi mengatakan, saat ini pengembangan dilakukan masih dalam bentuk penyediaan konektivitas transit pengumpan dari armada bus milik Unit Pengelolaan Angkutan Sekolah (UPAS) ke MRT Jakarta.

Tidak menutup kemungkinan nantinya juga akan dibuatkan model paket perjalanan transportasi MRT Jakarta khusus pelajar seperti program Jelajah Jakarta MRT dan Bus Sekolah. 

Kerja sama ini akan menjajaki skema layanan transportasi terintegrasi terhadap infrastruktur dan layanan penunjang lainnya. Rencananya, nota kesepahaman ini akan berlaku selama satu tahun.

Untuk saat ini, UPAS menyediakan 166 unit bussekolah yang melayani 20 rute regular dan
13 zonasi yang dapat digunakan para pelajar secara gratis pada pukul 05.30-07.00 WIB,
11.00-16.00 WIB, dan 17.00-19.00 WIB.

Adapun untuk kerja sama integrasi transportasi MRT Jakarta bersama dengan UPAS kali ini, akan melayani rute:

1. Rute 11 Ciledug-Stasiun Blok M BCA

Menuju Stasiun Blok M, rute yang dilalui yaitu: Ciledug-Stasiun Blok M BCA (Jalan HOS Cokroaminoto Ciledug-Ciledug Raya-berputar balik di SPBU perbatasan Tangerang Selatan-HOS Cokroaminoto Ciledug-Ciledug Raya-Pakubuwono-Bumi-Kyai Maja-Trunojoyo-Sultan Hasanuddin-Terminal Bus Blok M/Stasiun Blok M BCA. 

Menuju Stasiun Ciledug, rute yang dilalui yaitu: Terminal Bus Blok M/Stasiun Blok M BCA-Jl. Sultan Iskandarsyah-Jl. Tirtayasa-Jl. Gunawarman-Jl. Senopati dan Jl. Pattimura-Jl. Kyai Maja-Jl. HOS Cokroaminoto Ciledug-Jl. Ciledug Raya-putar balik di SPBU perbatasan Tangerang Selatan

2. Rute 14 Pondok Labu-Stasiun Cipete Raya

Menuju Stasiun Cipete Raya: Pondok Labu-Pinang 1-Marga Satwa (Pangkalan Jati)-Pangkalan Jati-Jl. Fatmawati Raya

Menuju Pondok Labu: Stasiun Cipete Raya-Jl. Fatmawati-Pangkalan Jati-Marga Satwa (Pangkalan Jati)-Pinang 1-Pondok Labu

https://www.kompas.com/properti/read/2022/01/27/150000321/mrt-jakarta-sediakan-layanan-integrasi-bus-sekolah-ini-rutenya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke