Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Mooik Park
Administrator National Agency for Administrative City Construction of South Korea (NAACC)

Administrator National Agency for Administrative City Construction of South Korea (NAACC)

Berkaca pada Sejong, Korea Dukung Pembangunan IKN sebagai Kota Pintar

Kompas.com - 14/09/2021, 19:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

PANDEMI Covid-19 yang dimulai bulan Desember 2019, berdampak besar pada perkembangan dan penerapan teknologi digital seperti bekerja dari rumah dan pendidikan jarak jauh.

Bahkan, di Uni Eropa, sepertiga karyawan yang tinggal di negara-negara anggotanya bekerja sepenuhnya dari rumah.

Hal ini memicu peningkatan jumlah pelanggan aplikasi konferensi video Zoom dengan kapasitas lebih dari 10 peserta sebanyak 485 persen hingga akhir Oktober 2020.

Transisi menuju era digital berkembang pesat di masyarakat secara keseluruhan, seperti yang dikatakan CEO Microsoft Satya Nadella, dalam pengumuman laba Kuartal I-2020.

Menurut Satya, transformasi digital yang seharusnya memakan waktu dua tahun tercapai hanya dalam dua bulan.

Kota Bahagia Sejong, Korea SelatanNAACC Kota Bahagia Sejong, Korea Selatan
Di tengah tren tersebut, pembangunan kota pintar terus aktif digalakkan untuk optimalisasi dan efisiensi kota dengan memanfaatkan teknologi digital dan big data di sektor konstruksi perkotaan.

Laporan Navigant Research 2019 menyebutkan, terdapat 433 proyek yang sedang dikerjakan di 286 kota di seluruh dunia.

Termasuk di dalamnya Korea yang telah mengumumkan strategi promosi kota pintar pada Januari 2018.

Salah satu model kota pintar yang menjadi unggulan dan menjadi perwujudan kota masa depan terdigitalsiasi adalah Kota Bahagian Sejong.

Kota Bahagia Sejong yang direncanakan menjadi kota informasi teknologi tinggi dengan menggunakan teknologi digital dari tahap perencanaan, berfokus pada pembangunan infrastruktur pintar.

 Kota Bahagia Sejong, Korea Selatan. NAACC Kota Bahagia Sejong, Korea Selatan.
Infrastruktur pintar ini sangat penting dan vital guna mendukung manajemen kota seperti jaringan komunikasi mandiri berkecepatan super tinggi pada tahap awal konstruksi.

Dengan berkembangnya Internet of Things (IoT) dan teknologi big data, Sejong terus mengembangkan Pusat Informasi Terpadu yang sudah ada dan membangun atau mengoperasikan platform untuk layanan khusus bagi warganya.

Contohnya "Sejongen", sebuah portal pintar yang menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh warga terkait coronavirus, debu halus, serta mobilitas terdekat (skuter listrik, dan lain-lain) dan "Sejong Anshimi" yang merupakan bel darurat mobile.

Dengan digitalisasi di seluruh sektor ini, tak mengherankan jika Sejong berkembang menjadi kota pintar kelas dunia yang diganjar dengan sejumlah sertifikat internasional kota pintar.

Kota Bahagia Sejong, Korea SelatanNAACC Kota Bahagia Sejong, Korea Selatan
Sebut saja ISO37106 level 3 yang meliputi kota kompeten pertama di dunia pada tahun 2018. Dan dua tahun kemudian kembali memperoleh sertifikasi level 4 yang mencakup progresif, maju.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com