Kompas.com - 14/09/2021, 16:00 WIB
Perumda Sarana Jaya akan melaksanakan pembangunan Fasilitas Pengolahan Sampah Antara (FPSA) Tebet Perumda Sarana JayaPerumda Sarana Jaya akan melaksanakan pembangunan Fasilitas Pengolahan Sampah Antara (FPSA) Tebet

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampah rumah tangga menjadi penyumbang limbah terbesar di DKI Jakarta. Hal itu berdasarkan laporan terbaru Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ITB.

Laporan yang menggunakan metode sampling di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang menunjukkan 45,5 persen limbah merupakan sampah makanan atau sampah rumah tangga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil tersebut sejatinya tidak mengagetkan. Sebab jumlah penduduk DKI Jakarta pada 2020 mencapai 10,6 juta. Sementara di Jabodetabek sejumlah 30 juta orang.

Penduduk Jakarta dan sekitarnya menyumbang lebih dari 14.000 meter kubik sampah rumah tangga per harinya ke TPST Bantar Gebang dan 8 pembuangan akhir lainnya.

Baca juga: Pemerintah Bangun TPA Sampah di Perbatasan Indonesia-Malaysia

Data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) juga menunjukkan jumlah timbulan sampah di TPST Bantar Gebang terus meningkat. Pada 2014 sebanyak 5.665 ton per day (tpd), kemudian naik menjadi 7.424 tpd pada 2020.

Sehingga terjadi kenaikan timbunan sampah sebanyak 30 persen dalam 5 tahun. Bahkan DLH DKI Jakarta memprediksi TPST Bantar Gebang akan mengalami kelebihan muatan tahun ini.

Oleh sebab itu, Pemprov DKI Jakarta melakukan upaya strategis untuk mengurangi dan menangani persoalan sampah.

Yakni dengan memberikan tugas kepada Perumda Sarana Jaya untuk membangun Fasilitas Pengolahan Sampah Antara (FPSA) di dalam kota.

Direktur Utama Perumda Sarana Jaya Agus Himawan mengatakan, pada tahap awal pihaknya akan membangun FPSA Tebet di lahan relokasi depo sampah Taman Honda Tebet.

Rencananya dibangun sesuai dengan peruntukkan tata ruang yang dapat diakses publik dan terintegrasi dengan area publik, rekreasi edukasi, berolahraga, dan ruang terbuka hijau.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.