Kompas.com - 14/09/2021, 15:00 WIB
Storstrøm, salah satu penjara yang mengusung desain modern dan ramah lingkungan Torben Eskerod/ArchdailyStorstrøm, salah satu penjara yang mengusung desain modern dan ramah lingkungan

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain modern dan aspek ramah lingkungan tidak hanya berlaku pada hunian pada umumnya, melainkan juga bangunan penjara.

Para arsitek dunia tengah serius berupaya menghadirkan aspek modern dan ramah lingkungan pada penjara. Agar menyuguhkan nuansa manusiawi bagi para tahanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejumlah bangunan penjara dengan spesifikasi tersebut telah bermunculan di berbagai belahan dunia. Berikut ini sejumlah daftarnya sebagaimana dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber.

1. Penjara Storstrøm

Penjara yang berlokasi di Denmark ini didesain untuk menciptakan penjara dengan keamanan tinggi paling manusiawi di dunia, yang berkontribusi pada rehabilitasi sosial melalui arsitektur yang mendukung kesejahteraan mental dan fisik narapidana.

Baca juga: Alcatraz, Penjara Paling Menyeramkan di Dunia yang Merenggut Banyak Nyawa

Bangunan penjara laiknya membentuk sebuah komunitas perkotaan kecil. Teradapat jalan, alun-alun, tempat olahraga, hingga tempat beribadah. Sehingga para tahanan bebas mengakses dan bersosialisasi.

Para narapidana bisa melihat pemandangan hijau di sekitarnya dari ruang tahanan. Setiap sel juga memiliki aliran cahaya matahari.

Didukung fasilitas seperti tempat tidur, mja, kursi, lemari pakaian, lemari es, televisi hingga penerangan.

2. Penjara Tabbalen 4 Stockholm

Tabellen 4 merupakan bangunan penjara di Stockholm, Swedia. Bangunannya didesain ramah lingkungan dan hemat energi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.