Kompas.com - 10/08/2022, 17:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tata letak furnitur di kamar tidur bisa menjadi salah satu aspek tersulit dalam mendesain ruang dan ada banyak kesalahan tata letak yang dilakukan.

Memutuskan area furnitur diletakkan tidak semudah dengan memilih warna dinding, memutuskan menggunakan karpet atau kayu keras, dan mencari pencahayaan sempurna. 

Baca juga: 5 Barang yang Harus Disingkirkan dari Kamar Tidur, Kenapa?

Namun, memutuskan tata letak kamar tidur sama pentingnya dengan semua pilihan desain di atas.

Dilansir dari Livingetc, Rabu (10/8/2022), ada banyak tata letak furnitur di kamar tidur yang salah digunakan orang, yang akhirnya menyebabkan ruangan tidak seimbang serta nyaman.

Berikut beberapa kesalahan tata letak kamar tidur yang kerap dilakukan. 

Baca juga: Cara Menata Lemari Pakaian di Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Menghadap langsung ke tempat tidur

Ilustrasi kamar tidur, Ilustrasi karpet di kamar tidur.Shutterstock/Interior Design Ilustrasi kamar tidur, Ilustrasi karpet di kamar tidur.
"Sangat penting mempertimbangkan ukuran, proporsi, dan orientasi ruangan saat mendesain tata letak," jelas James Arkoulis, Direktur Kreatif Howark Designs.

Satu kesalahan umum adalah mengabaikan pemandangan saat memasuki ruangan serta berjalan ke sisi lemari berlaci atau langsung ke sisi tempat tidur harus dihindari jika memungkinkan. 

Pertimbangkan kursi kamar tidur bergaya dengan bantal dan bagian depan perabot atau bagian tengah tempat tidur sebagai hal pertama yang dilihat.

Pastikan tempat tidur, nakas, lampu baca, dan karpet kamar tidur berada di tengah dinding serta semua lampu plafon sejajar.  

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Mencerahkan dan Menenangkan di Kamar Tidur

Menempatkan furnitur menempel ke dinding

Sangat menggoda dalam tata letak ruangan apa pun untuk meletakkan semua furnitur  menempel pada dinding. Hal ini biasa dilakukan banyak orang untuk menjaga lantai sebebas mungkin dan membuat kamar tidur kecil terasa lebih besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.