Kompas.com - 10/08/2022, 14:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam bawang putih tak hanya dilakukan di tanah langsung, tapi juga polybag. 

Cara menanam bawang putih di polybag bisa menjadi alternatif budi daya bawang putih yang mudah dan praktis. Teknik budi daya ini bisa dilakukan di mana saja, tak terkecuali di halaman rumah.

 

Baca juga: Cara Menanam Bawang Putih di Dalam Pot agar Cepat Tumbuh 

Penggunaan polybag dinilai lebih praktis dan mudah dibanding menanam bawang putih di lahan luas. Lantas, bagaimana cara menanam bawang putih di polybag agar hasilnya maksimal?

Dikutip dari Cybex Kementerian Pertanian, Rabu (10/8/2022), berikut cara menanam bawang putih di polybag.

Persiapan tanam

Sebelum menanam siung bawang putih, masukkan tanah yang sudah dilengkapi dengan pupuk ke dalam pot yang berlubang drainase lancar.Unsplash/Neslihan Gunaydin Sebelum menanam siung bawang putih, masukkan tanah yang sudah dilengkapi dengan pupuk ke dalam pot yang berlubang drainase lancar.

Tahap pertama menanam bawang putih adalah menyiapkan media tanam dan bibit tanaman. Media tanam yang baik untuk menanam bawang putih adalah media tanam yang gembur, mudah menyerap air, dan mempunyai unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

Media tanam yang digunakan bisa berupa campuran tanah dan pupuk organik dengan menggunakan perbandingan 1:1 atau 2:1. Selain media tanam yang subur, penggunaan bibit berkualitas juga sangat penting dalam budidaya bawang putih.

Bibit yang digunakan harus terbebas dari hama dan penyakit serta memiliki pertumbuhan yang baik. Anda bisa mendapatkan bibit di toko pertanian terdekat.

Baca juga: Bisakah Menanam Bawang Putih yang Dibeli di Pasar? Ini Penjelasannya

Penanaman

Setelah media tanam dan bibit tersedia, langkah berikutnya adalah mulai penanaman. Media tanam yang telah tersedia dimasukkan ke polybag dan disiram secukupnya.

Setelah itu, bibit bawang putih ditancapkan dalam media tanam tersebut dengan bagian yang runcing menghadap ke atas. Dalam satu polybag, Anda bisa menanam lebih dari satu bibit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.