Kompas.com - 09/08/2022, 16:13 WIB

KOMPAS.com - Hama pada tanaman singkong menjadi faktor pembatas dalam budidaya singkong. Sama halnya dengan tanaman budidaya lain, jenis hama yang menyerang tanaman singkong juga sangat beragam.

Lalu, jenis hama apa saja yang biasa menyerang tanaman singkong? Mengutip dari Repositori Kementerian Pertanian, Selasa (9/8/2022), ini daftarnya lengkap dengan gejala dan cara pengendaliannya.

Baca juga: 4 Ciri-ciri Tanaman Singkong, dari Batang sampai Umbi

Ilustrasi singkong. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi singkong.

1. Tungau merah

Jenis hama pada tanaman singkong yang pertama yaitu tungau merah. Hama ini bisa menyebabkan gejala seperti bercak kuning di tulang daun, lalu menyebar ke seluruh permukaan daun.

Bercak tersebut nantinya akan berubah warna menjadi coklat kemerahan menyerupai karat. Seiring bertambahnya waktu, daun akan mengering dan rontoh.

Serangan hama ini juga bisa menyebabkan umbi berukuan kecil. Upaya pengendalian yang bisa dilakukan yaitu dengan menanam varietas tahan, menanam singkong di awal musim hujan, menggunakan musuh alami, dan aplikasi Acarisida (pestisida khusus untuk tungau).

Baca juga: 5 Hama yang Menyerang Tanaman Kedelai dan Cara Mengatasinya

2. Kepinding tepung

Kepindung tepung merupakan hama yang merusak tanaman singkong dengan cara mengisap bagian daun dan batang.

Hama ini diketahui bisa mengeluarkan racun yang bisa menyebabkan gejala kerdil seperti ruas memendek, daun mudah mengecil dan berkerut, serta daun tua menjadi rontok.

Pengendalian hama kepinding tepung bisa dilakukan dengan cara menanam singkong di awal musim hujan, menggunakan stek yang sehat dan bersih, pengendalian lewat musuh alami, dan penggunaan insektisida berbahan aktif organophospat dan dimethoate.

3. Kutu kebul

Kutu kebul termasuk hama pada tanaman singkong yang menyebabkan banyak kerugian. Hama ini biasa mengisap cairan pada tanaman dan menularkan african cassava mosaic virus atau virus ACMV.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.