Kompas.com - 09/08/2022, 10:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Renovasi dapur agar memberikan tampilan yang lebih menarik, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini juga disebabkan oleh pemilihan bahan material yang memiliki harga yang cukup tinggi.

Namun, dilansir dari Real Simple, Selasa (9/8/2022), untuk memberikan tampilan yang menarik dan nyaman, bahan material yang tidak terlalu mahal juga bisa digunakan. 

"Bagi saya, ini semua tentang keseimbangan, Anda bisa saja menggunakan ubin backsplash murah dan menampilkan karya seni di dalam dapur untuk memberikan nuansa yang berbeda," kata desainer Orlando Soria, pembawa acara Build Me Up di Discovery+.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Terjadi saat Menggunakan Laci Meja Dapur

Ilustrasi dapur terbuka, konsep dapur terbuka.UNSPLASH/SIDEKIX MEDIA Ilustrasi dapur terbuka, konsep dapur terbuka.

Meskipun intinya mungkin berbeda untuk setiap dapur, biaya renovasi dapur secara keseluruhan dapat sangat dipengaruhi oleh meja dapur, backsplash, lemari dapur, dan peralatan dapur.

Dengan demikian, untuk renovasi dapur dengan anggaran yang masuk akal, empat desainer berpengalaman Soria, Natalie Myers dari Veneer Designs, dan Aly Morford dan Leigh Lincoln dari Pure Salt Interiors berbagi saran mereka tentang cara menyusun strategi.

1. Pilih material meja dapur yang memiliki daya tahan kuat

Saat memilih meja dapur, pertimbangkan daya tahan dengan biaya untuk menemukan kecocokan yang tepat untuk seberapa sering Anda memasak.

Terkadang, bahan yang kurang tahan lama sebenarnya lebih mahal.

 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau di Dapur dengan Cuka Putih

"Misalnya, marmer kurang tahan lama dibandingkan granit atau kuarsit," jelas Lincoln.

Dari sana, pilih batu alam atau buatan, tergantung anggaran Anda. Myers menyatakan bahwa batu tiruan dapat terlihat sama bagusnya dengan batu alam, tetapi cenderung lebih murah dan lebih tahan lama.

 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.