Kompas.com - 09/08/2022, 09:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comDapur menjadi salah satu ruangan di rumah yang rentan mengalami bau. Misalnya, memiliki aroma amis yang bisa bertahan hingga berjam-jam setelah mengolah dan memasak ikan. 

Selain itu, bau tidak sedap dari dapur juga berasal dari saluran wastafel yang mampet akibat residu makanan serta tempat sampah yang berisi campuran limbah makanan.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Membersihkan Noda Kopi pada Pakaian dengan Cuka

Tentunya, keadaan ini dapat membuat siapa pun yang berada di dapur merasa kurang nyaman dan kegiatan memasak tidak maksimal.

Disadur dari The Kitchn, Selasa (9/8/2022), cara menghilangkan bau di dapur ternyata cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunakan cuka putih.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerak Air di Kloset, Pakai Cuka dan Baking Soda

Cuka putih dapat dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai benda di rumah. Namun, hati-hati, tidak semua benda dapat dibersihkan menggunakan cuka.SHUTTERSTOCK/ANDRIANA SYVANYCH Cuka putih dapat dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai benda di rumah. Namun, hati-hati, tidak semua benda dapat dibersihkan menggunakan cuka.

Seorang penulis buku masak, Barbara Costello,  mengungkapkan, trik paling sering ia gunakan untuk menghilangkan bau di dapur adalah menggunakan cuka putih.

Caranya, cukup meletakkan semangkuk cuka putih suling di area dapur yang mengeluarkan bau tidak sedap. 

Nantinya, asam dari cuka putih akan menetralisir bau dan menghilangkannya. Pada akhirnya, udara di dapur akan kembali segar serta harum. 

Baca juga: Cara Menggunakan Cuka untuk Mengusir Semut dan Laba-laba

Apabila pada keesokan harinya masih tercium bau di dapur, cobalah membuat rebusan air dengan potongan lemon.

Celupkan potongan lemon ke dalam panci berisi air, lalu masak air hingga mendidih atau matang. Uap dari lemon ini akan menghilangkan bau di dapur sembari mengharumkan ruangan. 

Nah, itu dia cara menghilangkan bau di dapur dengan cuka putih. Selamat mencoba! 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Kitchn


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.