Kompas.com - 09/08/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comHamster tidak hanya terkenal akan ukurannya yang mungil dan mukanya yang menggemaskan, juga perilakunya yang terkadang menggigit tangan pemiliknya.

Meski begitu, mereka hanya menggigit jika merasa kurang nyaman dengan pemiliknya karena jarang dipegang, sehingga mereka masih belum terbiasa dengan kehadiran, suara, dan aroma pemiliknya.

Baca juga: Penyebab Hamster Menggigit Pemiliknya dan Cara Mengatasinya

Di samping itu, ada satu perilaku yang cukup membuat orang-orang yang kurang familiar dengan hamster merasa terkejut, yakni hamster makan anaknya.

Dikutip dari The Spruce Pets, Selasa (2/8/2022), ternyata perilaku hamster memakan bayinya adalah sesuatu yang normal.

Ilustrasi hamster Campbell.SHUTTERSTOCK / Vinicius R. Souza Ilustrasi hamster Campbell.

Nah, apa penyebab hamster memakan anaknya dan apakah ada cara untuk mencegahnya? Simak penjelasannya.

Kenapa hamster makan anak sendiri?

Hamster betina akan mulai menyiapkan sarang untuk mengantisipasi kedatangan bayinya. Mereka hanya hamil sekitar tiga pekan untuk melahirkan hingga 20 bayi hamster.

Induk hamster akan menggunakan material lembut untuk membuat sarang bagi bayinya. Terkadang, mereka juga menyiapkan makanan di sekitar sarang.

Hamster akan makan lebih banyak ketika hamil dan menyusui, tetapi makanannya tetap sama, seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan pelet yang tetap menjadi makanan pokok mereka.

Baca juga: Hamster Peliharaan Bersin? Ketahui 4 Alasannya

Apabila hamster telah mempersiapkan kelahiran normal dengan bersarang dan memakan lebih banyak makanan, tentunya melihat mereka memakan bayinya sendiri bisa sangat mengejutkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.