Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2022, 07:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sarung bantal bisa mudah kotor. Bagaimana tidak, kita menggunakan sarung bantal selama setidaknya delapan jam sehari ketika tidur, membuatnya terpapar lemak, keringat, minyak pada kulit dan kulit kepala, hingga produk perawatan tubuh.

Oleh sebab itu, dilansir Martha Stewart, Jumat (3/6/2022), Mary Gagliardi, ilmuwan dan ahli kebersihan di Clorox, menyarankan untuk sering-seringlah mencuci sarung bantal.

Anda sebaiknya mencuci sarung bantal setiap minggu

Menurut Gagliardi, aturan praktis yang baik adalah mencuci sarung bantal setiap kali Anda mencuci seprai, yang harus dilakukan setidaknya seminggu sekali.

Baca juga: Panduan Ukuran Bantal yang Perlu Diketahui untuk Tidur Berkualitas

Ilustrasi bantal di tempat tidur. Unsplash/Isaac Martin Ilustrasi bantal di tempat tidur.

"Beberapa orang mungkin perlu mencuci sarung bantal yang mereka pakai lebih sering jika mereka berkeringat saat tidur, memiliki rambut atau kulit berminyak, atau pergi tidur dengan riasan," jelasnya.

"Delapan jam kali tujuh hari sama dengan 56 jam penggunaan, bahkan jika Anda tidak berkeringat atau memiliki rambut berminyak, itu sudah cukup untuk mengharuskan mencucinya dengan seprai," imbuh Gagliardi.

Kain sarung bantal tidak memengaruhi jadwal pencuciannya

Gagliardi menyatakan, sebagian besar bahan kain sarung bantal memerlukan perhatian yang sama, yakni dicuci setiap minggu.

Jadi, bahan sarung bantal Anda bukanlah faktor penentu dalam mencuci.

Baca juga: Cara Mencuci Bantal Bahan Polyester agar Bersih dan Lembut

"Intinya sarung bantal yang digunakan untuk tidur perlu dicuci secara rutin agar kotoran, minyak tubuh, keringat, dan riasan tidak menumpuk dan semakin sulit dibersihkan. Sarung bantal satin perlu dicuci sesering katun percale atau sarung bantal katun flanel," terang Gagliardi.

Gunakan siklus cucian dan deterjen yang tepat

Sangat penting untuk menggunakan siklus pencucian dan deterjen yang benar untuk mencuci sarung bantal. Meskipun demikian, imbuh Gagliardi, banyak orang sering mengabaikannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com