Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencuci Bantal Bahan Polyester agar Bersih dan Lembut

Kompas.com - 18/05/2022, 14:17 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Pemilihan bantal sangat mempengaruhi kualitas tidur kita. Agar tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas, pemilihan bentuk dan bahan bantal sangatlah penting untuk kamu pertimbangkan. Salah satu bantal yang nyaman untuk tidur adalah bantal berbahan polyester.

Selain dikenal nyaman karena empuk, bantal ini juga dikenal lebih higienis karena anti alergi dan tidak mudah ditumbuhi jamur. Karena itu bantal ini sangat disarankan untukmu yang menderita penyakit asma karena alergi jamur dan debu.

Meskipun higienis dan anti jamur, tetap saja bantal berbahan polyester perlu dibersihkan. Perawatan diperlukan untuk membersihkan noda dan kotoran yang menempel pada permukaan bantal.

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Bantal yang Berjamur

Melansir dari The Spruce, Rabu (18/5/2022), jika kamu menggunakan sprai untuk guling dan bantal dan sudah sering diganti untuk dicuci maka pembersihan bantal hanya perlu dilakukan sekali atau dua kali dalam setahun.

Kecuali kamu menumpahkan makanan atau minuman di atasnya, sebaiknya segera bersihkan bantal sebelum kotoran mulai menempel dan sulit dibersihkan.

Sebelum mulai mencuci, periksa bantal dan pastikan tidak ada robekan karena bulu-bulu polyester bisa saja keluar dari bantal saat terkena air. Berikut ini adalah langkah-langkah membersihkan bantal berbahan polyester dengan mudah.

Baca juga: Tips Mencuci Bantal yang Menguning agar Kembali Putih Bersih

Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • Mesin cuci
  • Pengering
  • Sikat lembut
  • Bola pengering wol (bisa diganti bola tenis bersih atau sepatu kanvas bersih)
  • Handuk
  • Vacuum cleaner
  • Deterjen cucian yang rendah busa
  • Air
  • Penghilang noda
  • Soda kue

Baca juga: Apakah Ukuran Sarung Bantal Harus Lebih Besar dari Bantal?

Langkah-langkah membersihkan

Ilustrasi bantal.Erik Mclean/ Unsplash Ilustrasi bantal.

1. Bersihkan noda

Sebelum mencuci keseluruhan bantal, periksa apakah ada noda yang membutuhkan perhatian ekstra. Rawat dengan penghilang noda atau bersihkan dengan menggunakan deterjen yang rendah busa. Aplikasikan penghilang noda dengan sikat lembut dan biarkan setidaknya 15 menit sebelum mencuci bantal.

2. Atur suhu dan siklus mesin cuci

Untuk mencuci bantal polyester sebaiknya gunakan air dingin atau hangat. Tambahkan beberapa sendok makan deterjen dan pilih siklus pencucian yang lembut. Setelah siklus pencucian selesai, lanjutkan dengan siklus bilas agar semua deterjen terbilas.

Baca juga: Ketahui, Ini Ukuran Bantal yang Dapat Memberi Kenyamanan Saat Tidur

3. Gunakan mesin cuci sesuai muatan

Jika kamu memiliki mesin cuci bukaan atas dengan mesin di bagian tengah, sebaiknya cuci dua bantal untuk menyeimbangkan mesin. Kamu mungkin perlu menambahkan beberapa handuk agar mesin lebih seimbang.

Untuk mesin cuci bukaan depan dan mesin cuci bukaan atas efisiensi tinggi, menambahkan beberapa handuk akan membantu menyeimbangkan beban, tetapi kamu tetap bisa mencuci satu bantal saja tanpa perlu takut mesin tidak seimbang.

4. Proses pengeringan bantal

Ambil bantal dari mesin cuci kemudian ratakan isinya sebelum dimasukkan ke pengering. Tambahkan bola pengering wol, bola tenis bersih atau sepatu kanvas bersih untuk membantu memecah gumpalan pada isian bantal.

Gunakan pengering dengan suhu kecil atau sedang. Hentikan pengering setiap 15 menit dan ratakan kembali isi bantal dengan menggunakan tangan. Karena bantal berisi polyester yang cukup padat saat basah, butuh beberapa waktu untuk mengeringkannya dengan sempurna.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Apek pada Bantal

5. Penyimpanan bantal

Ketika sudah tidak digunakan, simpan bantal bersih di bak penyimpanan plastik atau tas katun. Polyester tahan terhadap jamur dan serangga namun tetap harus dicuci untuk menghilangkan kotoran tubuh yang menempel dan kotoran dari sprei. Pastikan bantal polyester sudah benar-benar kering saat disimpan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com