Kompas.com - 18/05/2022, 14:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Pemilihan bantal sangat mempengaruhi kualitas tidur kita. Agar tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas, pemilihan bentuk dan bahan bantal sangatlah penting untuk kamu pertimbangkan. Salah satu bantal yang nyaman untuk tidur adalah bantal berbahan polyester.

Selain dikenal nyaman karena empuk, bantal ini juga dikenal lebih higienis karena anti alergi dan tidak mudah ditumbuhi jamur. Karena itu bantal ini sangat disarankan untukmu yang menderita penyakit asma karena alergi jamur dan debu.

Meskipun higienis dan anti jamur, tetap saja bantal berbahan polyester perlu dibersihkan. Perawatan diperlukan untuk membersihkan noda dan kotoran yang menempel pada permukaan bantal.

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Bantal yang Berjamur

Melansir dari The Spruce, Rabu (18/5/2022), jika kamu menggunakan sprai untuk guling dan bantal dan sudah sering diganti untuk dicuci maka pembersihan bantal hanya perlu dilakukan sekali atau dua kali dalam setahun.

Kecuali kamu menumpahkan makanan atau minuman di atasnya, sebaiknya segera bersihkan bantal sebelum kotoran mulai menempel dan sulit dibersihkan.

Sebelum mulai mencuci, periksa bantal dan pastikan tidak ada robekan karena bulu-bulu polyester bisa saja keluar dari bantal saat terkena air. Berikut ini adalah langkah-langkah membersihkan bantal berbahan polyester dengan mudah.

Baca juga: Tips Mencuci Bantal yang Menguning agar Kembali Putih Bersih

Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • Mesin cuci
  • Pengering
  • Sikat lembut
  • Bola pengering wol (bisa diganti bola tenis bersih atau sepatu kanvas bersih)
  • Handuk
  • Vacuum cleaner
  • Deterjen cucian yang rendah busa
  • Air
  • Penghilang noda
  • Soda kue

Baca juga: Apakah Ukuran Sarung Bantal Harus Lebih Besar dari Bantal?

Langkah-langkah membersihkan

Ilustrasi bantal.Erik Mclean/ Unsplash Ilustrasi bantal.

1. Bersihkan noda

Sebelum mencuci keseluruhan bantal, periksa apakah ada noda yang membutuhkan perhatian ekstra. Rawat dengan penghilang noda atau bersihkan dengan menggunakan deterjen yang rendah busa. Aplikasikan penghilang noda dengan sikat lembut dan biarkan setidaknya 15 menit sebelum mencuci bantal.

2. Atur suhu dan siklus mesin cuci

Untuk mencuci bantal polyester sebaiknya gunakan air dingin atau hangat. Tambahkan beberapa sendok makan deterjen dan pilih siklus pencucian yang lembut. Setelah siklus pencucian selesai, lanjutkan dengan siklus bilas agar semua deterjen terbilas.

Baca juga: Ketahui, Ini Ukuran Bantal yang Dapat Memberi Kenyamanan Saat Tidur

3. Gunakan mesin cuci sesuai muatan

Jika kamu memiliki mesin cuci bukaan atas dengan mesin di bagian tengah, sebaiknya cuci dua bantal untuk menyeimbangkan mesin. Kamu mungkin perlu menambahkan beberapa handuk agar mesin lebih seimbang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.