Kompas.com - 18/05/2022, 12:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kebanyakan kaca jendela rumah tidak menggunakan pelapis yang bisa membuat permukaannya menjadi gelap.

Akibatnya, membuat area dalam rumah terasa lebih terang lantaran cahaya matahari tidak difilter dengan apa pun, tetapi ini bisa meminimalkan penggunaan lampu pada siang hari. 

Namun, dikutip dari Beauty Harmony Life, Rabu (18/5/2022), menggelapkan kaca jendela rumah ternyata memiliki sejumlah manfaat seperti di bawah ini.

Baca juga: 6 Keuntungan Memasang Skylight di Rumah 

Suhu yang konsisten dan penghematan energi

Ilustrasi jendela rumah.SHUTTERSTOCK / New Africa Ilustrasi jendela rumah.

Salah satu manfaat menggelapkan kaca jendela rumah adalah menjaga suhu yang konsisten di dalam hunian. 

Ruangan dalam rumah tidak akan terasa panas pada siang hari, tetapi juga tetap lebih hangat pada hari-hari yang dingin.

Jika rumah memiliki suhu yang konsisten, kamu tidak perlu menggunakan banyak energi untuk membuatnya terasa dingin saat musim panas atau hangat saat musim dingin.

Baca juga: Simak, Ini 5 Cara Memilih Kanopi Jendela yang Tepat untuk Rumah

Lebih sedikit paparan ultraviolet

Memiliki kaca jendela yang gelap dapat mengurangi paparan sinar ultraviolet (UV) dari radiasi sinar matahari. Paparan sinar UV yang terus-menerus bisa menyebabkan kulit terbakar serta rusak.

Lebih lanjut, sinar UV juga dapat merusak furnitur, pelapis kain yang berwarna, dan lantai. Dengan kaca jendela yang digelapkan, furnitur dan lantai tidak akan terlihat kusam atau pudar dengan cepat.

Baca juga: 6 Tips agar Ruangan Tertutup dan Tanpa Jendela Terasa Lebih Sejuk

Memberi keamanan dan privasi

Kaca berwarna gelap memberikan privasi bagi rumah karena tidak mudah terlihat dari luar.  Bahkan, dengan pewarnaan tepat, orang-orang akan merasa kesulitan untuk melihat melalui kaca.

Artinya, orang-orang tidak dapat melihat apa yang sedang kamu lakukan di dalam rumah. Begitu pun pencuri tidak dapat melihat barang-barang apa saja yang ada di dalam rumah. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.