Kompas.com - 18/05/2022, 11:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain dapur. Selain memilih warna terbaik, tata letak di dapur juga perlu diperhatikan, khususnya meletakkan peralatan elektronik utama seperti kulkas dan oven.

Hal yang paling banyak dipertanyakan adalah apakah boleh meletakkan kulkas bersebelahan dengan oven? 

Baca juga: 4 Cara Menyimpan Sarung Tangan Oven agar Dapur Tidak Berantakan

Tata letak dapur sangat bervariasi, tetapi ada pertimbangan universal yang harus diperhitungkan, termasuk peralatan yang harus dimiliki dan bagaimana seharusnya menjadi tempat untuk bekerja paling efisien. 

Ada tiga peralatan terpenting di dapur, yakni oven, kulkas, dan wastafel. Ketiganya bersatu untuk membantu membentuk segitiga kerja atau segitiga dapur. 

Meski ada perdebatan tentang relevansinya dengan perkembangan dapur, penting untuk mempertimbangkan meletakkan kulkas di sebelah oven. 

Baca juga: 4 Tips Ampuh Membasmi Rayap di Dapur 

"Jangan meletakkan peralatan apa pun, terutama tiga item ini dalam satu ruang di dapur," saran Andy Briggs, desainer interior di Optiplan Kitchens, dilansir dari Ideal Home, Rabu (18/5/2022).

Meletetakan ketiganya dalam satu ruang bisa menyebabkan keterbatasan bergerak. Keterbatas ini akan selalu menimbulkan stres dan ketidaknyamanan, terutama jika lebih dari satu orang menggunakan dapur sekaligus. 

Baca juga: Waspada, Ini 4 Tanda Adanya Rayap di Dapur 

Bisakah meletakkan kulkas di sebelah oven dalam tata letak dapur?

Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas di dapur. Unsplash/Sidekix Media Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas di dapur.
Ashleigh Hanwell, desainer senior di Second Nature Kitchens, mengatakan sebaiknya oven dan kulkas perlu diletakkan berjauhan karena ini bisa membuat kulkas bekerja ekstra keras untuk tetap dingin. 

Namun, sebagian besar kulkas terintegrasi modern memiliki insulasi yang jauh lebih baik dan sistem pendingin terintegrasi yang akan mencegah perpindahan panas dari oven.

Dengan perkembangan modern tersebut, meletakkan keduanya bersebelahan saat ini tidak akan mengalami masalah.  

Baca juga: Ini Alasan Perlu Memberikan Jarak antara Kulkas dan Dinding 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber ideal home
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.