Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Memelihara Anjing karena Kesepian dan Patah Hati, Ini Dampaknya

Kompas.com - 22/02/2022, 20:46 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak dapat dipungkiri, ada orang-orang yang melakukan keputusan impulsif ketika sedang patah hati. Misalnya, memilih untuk memelihara anjing

Keputusan tersebut diambil bisa karena belum siap berkomitmen dengan orang yang disukai, merasa kesepian, dan membutuhkan teman atau hiburan. 

Baca juga: Bisakah Anjing Mengenali Pemiliknya yang Mengenakan Masker?

Kendati demikian, pegiat Healthy Lifestyle for Pets dari The Wonderbutts Family, Jessie dan Edison, tidak menyarankan mengambil keputusan tersebut. 

“Mereka impulsif, ingin punya pacar, tapi bukan yang sembarangan, jadi ya sudah beli anjing tanpa pikir panjang,” ujar Jessie dalam acara live Instagram Kompas.com Kind of Life bertajuk “Rayakan Valentine Bareng Anabul, Yuk Kenali Bahasa Tubuhnya”, Senin (14/2/2022).

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anjing Menekuk Telinganya ke Belakang

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kind of Life (@my.kindoflife)

Menurut dia, anjing berbeda dengan anak kecil yang bisa mengurus diri sendiri ketika sudah tumbuh dewasa. Sebab, anjing tua pun masih perlu diurus pemiliknya.

Untuk itu, Jessie menegaskan, jangan memelihara anjing jika belum memiliki kesiapan. 

“Perlu kesiapan diri, mental, dan finansial juga siap. Memelihara anjing, biaya yang dikeluarkan saat adopsi, atau membelinya adalah biaya paling kecil. Yang mahal itu merawatnya seumur hidup,” jelas Jessie.

Baca juga: Studi Ungkap Ajak Anjing Peliharaan Jalan-jalan Bisa Hilangkan Stres

Senada dengan Jessie, dalam kesempatan yang sama, Edison mengimbau kepada siapa pun untuk berkomitmen dengan anjing peliharaan. Bahkan, menjaga komitmen itu sama halnya dengan menjaga komitmen dengan pasangan hidup.

Anjing itu bisa hidup sampai 15-20 tahun, ada yang lebih juga. Sepanjang umur itu, kita komitmennya. (Mereka) benar-benar tanggung jawab kita sampai mereka mati,” ungkap Edison.

Baca juga: Kenapa Anjing Suka Mengejar Motor atau Mobil? Ini Penjelasannya

Menurut Jessie, beberapa orang mungkin hanya menganggap anjing sebagai hewan peliharaan semata. Namun, hal itu berbeda dengan anjing. 

Bagi anjing, manusia menjadi satu-satunya dunia yang dimilikinya. Jika kamu membuang anjing karena tidak siap untuk merawatnya, mereka akan kehilangan seluruh dunianya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com