Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Anjing Jalan-jalan, Lebih Baik Pakai Kalung atau Harness?

Kompas.com - 19/02/2022, 21:33 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada dua barang yang dapat dipilih untuk digunakan saat mengajak anjing peliharaan jalan-jalan, yakni kalung dan harness.

Adapun keduanya dapat disambungkan dengan tali, dan memudahkanmu untuk menjaganya agar tidak mudah berlarian kemana-mana.

Baca juga: 10 Ras Anjing Penjaga Terbaik, Tidak Hanya German Shepherd

Lalu, pilihan mana yang terbaik untuk dibeli? Apakah kalung dan harness memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri sebagai pertimbangan? Simak selanjutnya, dikutip dari American Kennel Club, Sabtu (19/2/2022).

Kalung anjing

Kelebihan

Ilustrasi anjing, ilustrasi mengajak anjing berjalan atau berolahragaUnsplash/Andriyko Podilnyk Ilustrasi anjing, ilustrasi mengajak anjing berjalan atau berolahraga

Kalung anjing merupakan produk paling mendasar yang tersedia, dan mudah untuk dijadikan sebagai tempat menggantung identitas anjing dan informasi seputar rabies.

Ada beragam jenis kalung anjing, salah satunya kalung datar untuk anjing yang tahu cara berjalan dengan tali tanpa menarik.

Baca juga: 3 Alasan Anjing Suka Mengendus Saat Berjalan-jalan

Kemudian kalung martingale untuk anjing dengan ukuran leher yang sama dengan kepalanya, serta kalung jenis rolled collar yang dapat menggantung identitas anjing tanpa membuat bulu di bawahnya kusut.

Selain itu, kalung anjing mungkin memberimu kontrol yang lebih baik, dan tidak membutuhkan banyak kekuatan fisik darimu ketika sedang mengajak anjing jalan-jalan. Namun, ini bergantung pada ukuran anjing.

Banyak pelatih anjing merekomendasikan untuk memulai pelatihan tali pada anak anjing dengan tali sepanjang empat kaki, dan kalung datar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com