Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2022, 17:33 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com – Selama pandemi Covid-19, pemandangan orang menggunakan masker sudah sangat familiar untuk dilihat.

Pada manusia, mereka dapat mengenali satu sama lain meski yang terlihat hanyalah mata. Namun, bagaimana dengan peliharaan seperti anjing?

Baca juga: Kenapa Anjing Suka Mengejar Motor atau Mobil? Ini Penjelasannya

Disitat dari Cuteness, Sabtu (19/2/2022), anjing dan kucing bergantung pada bahasa tubuh dan isyarat wajah untuk berkomunikasi, dan memahami pemilik mereka.

Lantas, apakah masker mempersulit komunikasi yang terjalin antara hewan peliharaan dan pemiliknya?

Anjing memahami bahasa tubuh dan ekspresi wajah manusia

Ilustrasi anjing, ilustrasi orang pakai masker, ilustrasi masker.SHUTTERSTOCK / Tik.tak Ilustrasi anjing, ilustrasi orang pakai masker, ilustrasi masker.

Menunjukkan dan memahami bahasa tubuh sangatlah penting bagi yang ingin mengekspresikan diri dan batasannya pada orang lain, serta memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan orang di sekitarnya.

Anjing liar berbagi isyarat ini dengan anggota kawanannya. Sementara itu, anjing peliharaan melihat pada pemilik dan orang-orang di sekitarnya untuk memahami apa yang sedang dikomunikasikan.

Baca juga: Apa yang Dimimpikan oleh Anjing Peliharaan Saat Tidur?

Menurut Preventive Vet, posisi tubuh dan gerakan tangan manusia berada di antara beragam cara anjing membaca bahasa tubuh untuk merasakan suatu situasi.

Kontak mata dan ekspresi manusia pun dipelajari dan ditafsirkan oleh anjing peliharaan. Hal ini diujarkan oleh Naomi Harvey, ahli zoologi dan spesialis perilaku hewan pendamping di Dogs Trust.

Halaman:
Sumber Cuteness
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com