Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Memelihara Anjing Saat Pandemi Dapat Menjaga Kesehatan Mental

Kompas.com - 02/02/2022, 18:18 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat hewan peliharaan seperti anjing tak hanya memberikan teman baru di rumah, tapi ternyata juga berdampak baik bagi kesehatan mental pemiliknya, terlebih pada masa pandemi Covid-19 saat ini. 

Dilansir dari Martha Stewart, Rabu (2/2/2022), sebuah penelitian menunjukkan ada manfaat kesehatan mental terkait dengan memiliki pendamping hewan peliharaan, salah satunya anjing. 

Baca juga: Catat, 10 Hal Ini Perlu Dilakukan Pemilik Setelah Mengadopsi Anjing

"Pemilik anjing melaporkan memiliki lebih banyak dukungan sosial dibanding seseorang yang tidak memilikinya," ungkap Francois Martin, peneliti dari Nestle Purina Research dan penulis korespondensi untuk studi baru yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One. 

Para peneliti menemukan bahwa anjing peliharaan dapat memberikan rasa dukungan sosial berdasarkan penelitian terhadap lebih dari 1.500 pemilik hewan peliharaan dan calon pemilik anjing di seluruh Amerika Serikat. 

Baca juga: Seberapa Sering Anjing Peliharaan Harus Dimandikan?

"Tidak ada perbedaan dalam skor kecemasan dan kebahagiaan antara kedua kelompok tersebut. Pemilik anjing memiliki sikap dan komitmen yang lebih positif secara signifikan terhadap hewan peliharaan." 

Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan anjing mungkin telah memberi orang rasa dukungan sosial yang lebih kuat, yang pada gilirannya dapat membantu menyangga beberapa dampak psikologis negatif yang disebabkan pandemi Covid-19," tambah para peneliti. 

Baca juga: Bisakah Anjing Alergi pada Kucing? Ini Penjelasannya 

Dapat mempengaruhi suasana hati pemiliknya 

Ilustrasi anjing - Anjing mengenakan sweater saat cuaca dinginUnsplash/Brian Wegman Ilustrasi anjing - Anjing mengenakan sweater saat cuaca dingin
Studi sebelumnya menyoroti bagaimana memiliki hewan peliharaan dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi kesepian, meningkatkan dukungan sosial, dan meningkatkan kebugaran fisik.

Dalam penelitian ini, 91 persen pemilik anjing mengatakan anjing peliharaannya membantu mereka mengatasi masalah emosional.

Selain itu, sebanyak 96 persen koresponden mengatakan hewan peliharaan mereka membantu mempertahankan rutinitas olahraga mereka selama karantina. 

Baca juga: Seberapa Sering Anjing Peliharaan Harus Dimandikan?

Namun, enelitian terbaru juga melaporkan bahwa kepemilikan hewan peliharaan selama pandemi berdampak negatif pada orang-orang karena ketersediaan sumber daya yang terbatas. 

Penulis penelitian ingin mendalami lebih banyak penelitian untuk menjelaskan hubungan antara pemilik hewan peliharaan dan kesehatan secara keseluruhan.

Para peneliti mencatat bahwa penelitian lain akan menyoroti mereka yang memiliki dukungan sosial rendah. 

Baca juga: 5 Tips Aman Mengajak Anjing Peliharaan Bepergian dengan Pesawat

"Hasil kami menunjukkan bahwa pemilik anjing peliharaan secara signifikan lebih sedikit mengalami depresi daripada mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan selama pandemi Covid-19," kata mereka.

Mereka terikat dan berkomitmen pada anjing peliharaan serta melaporkan lebih banyak dukungan sosial yang dialami.

Hal ini menunjukkan bahwa anjing peliharaan dapat berkontribusi positif bagi kesejahteraan pemiliknya selama masa-masa sulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com