Kompas.com - 27/01/2022, 07:15 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki anjing yang wangi dapat membuatmu lebih nyaman untuk mengajaknya bermain atau memeluknya.

Mungkin kamu pernah sering memandikannya supaya sahabat bulu selalu wangi dan bersih. Akan tetapi, seberapa sering anjing peliharaan harus dimandikan?

Baca juga: Ketahui, Ini 3 Alasan Anjing Mengejar Ekornya

Pemilik Pretty Paws LLC Beth Cristiano mengatakan, melansir American Kennel Club, Kamis (27/1/2022), hal ini bergantung pada sejumlah hal.

“Seberapa sering hewan peliharaan harus dimandikan sangat bergantung pada ras, gaya hidup, panjang bulu, dan seberapa banyak pekerjaan rumah yang ingin dilakukan pemiliknya,” tutur dia.

Tipe bulu anjing

Ilustrasi anjing berenang untuk mengatasi cuaca panasSHUTTERSTOCK/Wasitt Hemwarapornchai Ilustrasi anjing berenang untuk mengatasi cuaca panas

Tipe bulu anjing memiliki faktor yang besar untuk menentukan seberapa sering mereka perlu dimandikan.

Namun, kamu tetap tidak bisa menentukan bahwa anjing dengan bulu yang pendek tidak perlu sering dimandikan.

Sebab, jelas Cristiano, anjing tidak berbulu seperti Chinese Crested dan Xoloitzcuintli justru memerlukan perawatan yang cukup intensif.

Baca juga: Ternyata Anjing Bisa Cemburu, Ini Tanda dan Cara Mengatasinya

Ahli hewan peliharaan sekaligus perawat anjing selebriti yakni Jorge Bendersky menuturkan, anjing yang memiliki lebih banyak bulu seperti Maltese dan Collie tentunya perlu dimandikan sesering mungkin.

“Untuk anjing berbulu sedang hingga besar, mungkin mereka perlu dimandikan setiap minggu hingga setiap 4 hingga 6 minggu, selama bulunya dirawat dengan baik di antara waktu mandi,” tutur Bendersky.

Namun, ras seperti Puli yang secara teknis berbulu panjang tidak perlu sering dimandikan saat bulunya terangkai seperti gaya rambut manusia bernama dreadlock.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.