Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Noda di Cermin Tanpa Meninggalkan Goresan

Kompas.com - 26/01/2022, 19:20 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Permukaan cermin sangat mudah berdebu dan meninggalkan noda. Untuk membersihkannya pun kamu harus berhati-hati karena permukaannya rentan terhadap goresan.

Untuk itu kamu perlu kain lembut dan bahan pembersih khusus untuk membersihkannya. Sebaiknya hindari menggunakan kain atau spons berbahan kasar karena dapat meninggalkan goresan yang dalam.

Melansir dari Living Spaces, Rabu (26/1/2022), untuk membersihkan cermin tanpa meninggalkan goresan, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: Trik untuk Mencegah Cermin Kamar Mandi Berembun

Alat dan bahan

  • Kapas
  • Alkohol
  • Cuka
  • Air
  • Botol spray
  • Kain microfiber

Baca juga: Cara Menggantungkan Cermin Berat di Dinding

Cara membersihkan

1. Sebelum membersihkan keseluruhan permukaan cermin, bersihkan noda yang tampak membandel dengan kapas dan alkohol.

2. Selanjutnya gunakan cairan pembersih khusus cermin untuk membersihkan seluruh permukaan cermin. Atau kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan air dan cuka dengan perbandingan yang sama kedalam botol spray.

3. Semprotkan cairan pembersih ke seluruh permukaan cermin secara tipis dan merata

Baca juga: 3 Manfaat Memiliki Banyak Cermin di Dalam Rumah

4. Gunakan kain microfiber untuk menyeka larutan pembersih dan kotoran yang menempel di cermin. Kain microfiber memiliki permukaan seperti magnet yang bisa mengangkat seluruh debu dan kotoran. Kain ini juga membantu menghilangkan kelembaban dari cermin sehingga mencegah goresan.

5. Saat mengelap cermin, gerakkan kain dari satu ujung cermin ke ujung lainnya dengan satu gerakan cepat. Setelah mencapai ujung cermin yang lain, lipat kain lalu bersihkan ujung lainnya. Lakukan secara berulang hingga cermin bersih dan tidak ada larutan pembersih yang tersisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com