Kompas.com - 26/01/2022, 19:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Permukaan cermin sangat mudah berdebu dan meninggalkan noda. Untuk membersihkannya pun kamu harus berhati-hati karena permukaannya rentan terhadap goresan.

Untuk itu kamu perlu kain lembut dan bahan pembersih khusus untuk membersihkannya. Sebaiknya hindari menggunakan kain atau spons berbahan kasar karena dapat meninggalkan goresan yang dalam.

Melansir dari Living Spaces, Rabu (26/1/2022), untuk membersihkan cermin tanpa meninggalkan goresan, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: Trik untuk Mencegah Cermin Kamar Mandi Berembun

Alat dan bahan

  • Kapas
  • Alkohol
  • Cuka
  • Air
  • Botol spray
  • Kain microfiber

Baca juga: Cara Menggantungkan Cermin Berat di Dinding

Cara membersihkan

1. Sebelum membersihkan keseluruhan permukaan cermin, bersihkan noda yang tampak membandel dengan kapas dan alkohol.

2. Selanjutnya gunakan cairan pembersih khusus cermin untuk membersihkan seluruh permukaan cermin. Atau kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan air dan cuka dengan perbandingan yang sama kedalam botol spray.

3. Semprotkan cairan pembersih ke seluruh permukaan cermin secara tipis dan merata

Baca juga: 3 Manfaat Memiliki Banyak Cermin di Dalam Rumah

4. Gunakan kain microfiber untuk menyeka larutan pembersih dan kotoran yang menempel di cermin. Kain microfiber memiliki permukaan seperti magnet yang bisa mengangkat seluruh debu dan kotoran. Kain ini juga membantu menghilangkan kelembaban dari cermin sehingga mencegah goresan.

5. Saat mengelap cermin, gerakkan kain dari satu ujung cermin ke ujung lainnya dengan satu gerakan cepat. Setelah mencapai ujung cermin yang lain, lipat kain lalu bersihkan ujung lainnya. Lakukan secara berulang hingga cermin bersih dan tidak ada larutan pembersih yang tersisa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.