Kompas.com - 26/01/2022, 18:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Jika kamu mencari bunga potong yang bisa memberikan keharuman di ruangan, bunga ini bisa menjadi solusi. Bunga sedap malam merupakan salah satu bunga potong yang populer karena aromanya yang harum.

Bunga ini juga seringkali dipakai sebagai pelengkap dekorasi saat kelahiran, pernikahaan ataupun hanya sekedar dekorasi ruangan saat perayaan tertentu.

Melansir dari berbagai sumber, Rabu (26/1/2022), meskipun bunga potong cepat sekali layu dan membusuk, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini agar bunga segar lebih lama.

Baca juga: 4 Ide Vas Bunga untuk Menghias Rumah

Langkah 1

Pilihlah bunga sedap malam yang masih kuncup sehingga ia dapat mekar dan memberikan keharuman lebih lama. Keluarkan bunga dari plastik, hati-hati agar kelopak bunga tidak tercabut.

Langkah 2

Potong batang sesuai dengan tinggi vas yang akan kamu gunakan. Setelah mendapatkan tinggi batang yang sesuai, pangkas kembali batang bagian bawah dengan menyerong sekitar 1 cm. Dengan memotong bagian bawah batang, ini dapat membantu membuka pori-pori batang sehingga penyerapan air lebih maksimal.

Baca juga: Cara Merangkai dan Merawat Bunga Sebagai Dekorasi Rumah

Langkah 3

Siapkan vas bunga lalu isi toples dengan air, pastikan untuk tidak terlalu penuh. Untuk membuat bunga sedap malam segar lebih lama kamu bisa menambahkan salah satu bahan berikut untuk dilarutkan bersama air di vas. Beberapa diantaranya adalah gula, soda, pemutih, aspirin, cuka apel dan pupuk bunga.

Langkah 4

Masukkan bunga dalam vas yang sudah berisi air. Pastikan tidak ada bunga atau daun yang terendam karena dapat mempercepat pembusukan.

Baca juga: Cara Membersihkan Freezer agar Tidak Bau dan Bebas Bunga Es

Langkah 5

Kamu bisa mengganti airnya saat air sudah berubah bau dan warna. Potong kembali batang bagian bawah untuk memaksimalkan penyerapan air. Letakkan vas bunga di area yang tidak terkena matahari langsung dan sejuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.