Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2022, 16:32 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Memesan penerbangan untuk anjing peliharaan tidak sama dengan terbang sendiri atau bersama keluarga Anda.

Jika berencana melakukan penerbangan dengan anjing peliharaan, pastikan meneliti dan menyiapkan prosesnya terlebih dahulu—bahkan mungkin berbulan-bulan sebelumnya. 

Baca juga: Ketahui, Ini 3 Alasan Anjing Mengejar Ekornya

Mulai dari, peraturan penerbangan, aturan, hingga batasan yang diberlakukan oleh masing-masing maskapai penerbangan. Hal ini dilakukan guna memastikan penerbangan yang lancar bagi Anda dan anjing peliharaan.

Tentu saja, ini juga menjaga hewan peliharaan tetap nyaman, aman, serta terhindar stres selama perjalanan. 

Mengutip dari The Spruce Pets, Minggu (23/1/2022), berikut beberapa tips aman terbang bersama anjing peliharaan. 

Baca juga: Ketahui, Ini Jenis Vaksin yang Wajib Diberikan pada Anjing 

Periksakan kesehatan anjing ke dokter hewan 

Ilustrasi memeriksakan hewan peliharaan ke dokter hewan.SHUTTERSTOCK/FAMVELD Ilustrasi memeriksakan hewan peliharaan ke dokter hewan.
Sebagai permulaan, pastikan memesan tiket untuk hewan peliharaan. Bergantung pada tujuan, Anda mungkin harus menguji anjing peliharaan atau menjalani masa tunggu, terutama untuk tujuan internasional.

Jadi, Anda harus memulai beberapa minggu jika tidak berbulan-bulan sebelum penerbangan. Selama menunggu tersebut, Anda bisa memeriksakan kesehatan sahabat bulu ke dokter hewan, terutama jika anjing memiliki kondisi kesehatan tertentu atau masalah lain yang dapat diperburuk oleh stres perjalanan.

Sebagian besar maskapai penerbangan akan melihat sertifikat kesehatan dari dokter hewan hewan peliharaan. 

Baca juga: Cara Memperkenalkan Anjing Baru ke Kucing Peliharaan

Anjing harus berusia setidaknya delapan minggu dan dalam keadaan sehat untuk diizinkan terbang. Selain itu, maskapai penerbangan akan meminta bukti vaksinasi anjing, khususnya rabies.

Soal biaya, mengajak anjing peliharaan terbang memerlukan biaya yang tak sedikit, yakni berkisar Rp1,4 juta sampai Rp8 juta.

Namun, ini semua tergantung pada maskapai, ukuran anjing, dan tujuan penerbangan. Jadi, penting memeriksa kebijakan setiap maskapai guna memenuhi persyaratan mereka.  

Baca juga: 4 Hal yang Menyebabkan Anjing Cemburu, Apa Saja?

Ketahui hak Anda

Ilustrasi mengajak anjing bepergian dengan pesawatSHUTTERSTOCK/nadisja Ilustrasi mengajak anjing bepergian dengan pesawat
Jika Anda kebetulan mempertimbangkan penerbangan dengan anjing pemandu, pastikan mempelajari peraturan negara bagian dan federal yang berlaku.

Air Carrier Access Act (ACAA) mengizinkan hewan pemandu yang terlatih dengan baik untuk dapat memberikan bantuan kepada penyandang disabilitas selama penerbangan.

Meski anjing penolong biasanya tidak memerlukan dokumentasi, sebagian besar maskapai penerbangan memiliki beberapa persyaratan untuk hewan pendukung yang harus dipenuhi. Jadi, pastikan memenuhi persyaratan ini sebelum check-in untuk penerbangan.

Baca juga: Pemilik Harus Tahu, Kenali 5 Tanda Anjing Peliharaan Sakit 

Anjing pemandu juga diperlakukan secara berbeda di setiap maskapai meski banyak maskapai akan membiarkan anjing penolong terbang bersama Anda di kabin tanpa biaya tambahan.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com