Kompas.com - 23/01/2022, 16:32 WIB
Ilustrasi anjing; ilustrasi mengajak anjing peliharaan bepergian dengan pesawat SHUTTERSTOCK/Javier BroschIlustrasi anjing; ilustrasi mengajak anjing peliharaan bepergian dengan pesawat

JAKARTA, KOMPAS.com - Memesan penerbangan untuk anjing peliharaan tidak sama dengan terbang sendiri atau bersama keluarga Anda.

Jika berencana melakukan penerbangan dengan anjing peliharaan, pastikan meneliti dan menyiapkan prosesnya terlebih dahulu—bahkan mungkin berbulan-bulan sebelumnya. 

Baca juga: Ketahui, Ini 3 Alasan Anjing Mengejar Ekornya

Mulai dari, peraturan penerbangan, aturan, hingga batasan yang diberlakukan oleh masing-masing maskapai penerbangan. Hal ini dilakukan guna memastikan penerbangan yang lancar bagi Anda dan anjing peliharaan.

Tentu saja, ini juga menjaga hewan peliharaan tetap nyaman, aman, serta terhindar stres selama perjalanan. 

Mengutip dari The Spruce Pets, Minggu (23/1/2022), berikut beberapa tips aman terbang bersama anjing peliharaan. 

Baca juga: Ketahui, Ini Jenis Vaksin yang Wajib Diberikan pada Anjing 

Periksakan kesehatan anjing ke dokter hewan 

Ilustrasi memeriksakan hewan peliharaan ke dokter hewan.SHUTTERSTOCK/FAMVELD Ilustrasi memeriksakan hewan peliharaan ke dokter hewan.
Sebagai permulaan, pastikan memesan tiket untuk hewan peliharaan. Bergantung pada tujuan, Anda mungkin harus menguji anjing peliharaan atau menjalani masa tunggu, terutama untuk tujuan internasional.

Jadi, Anda harus memulai beberapa minggu jika tidak berbulan-bulan sebelum penerbangan. Selama menunggu tersebut, Anda bisa memeriksakan kesehatan sahabat bulu ke dokter hewan, terutama jika anjing memiliki kondisi kesehatan tertentu atau masalah lain yang dapat diperburuk oleh stres perjalanan.

Sebagian besar maskapai penerbangan akan melihat sertifikat kesehatan dari dokter hewan hewan peliharaan. 

Baca juga: Cara Memperkenalkan Anjing Baru ke Kucing Peliharaan

Anjing harus berusia setidaknya delapan minggu dan dalam keadaan sehat untuk diizinkan terbang. Selain itu, maskapai penerbangan akan meminta bukti vaksinasi anjing, khususnya rabies.

Soal biaya, mengajak anjing peliharaan terbang memerlukan biaya yang tak sedikit, yakni berkisar Rp1,4 juta sampai Rp8 juta.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Spruce
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.