Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2022, 09:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Fatherly

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki anjing di rumah dapat sangat bermanfaat bagi anak-anak. Anjing terbukti mengurangi kemungkinan alergi dan penyakit lainnya, dan juga memberikan pendamping seumur hidup untuk anak.

Akan tetapi, mengetahui apa sebenarnya ras anjing terbaik untuk anak-anak itu sangat penting. Jika Anda akhirnya memutuskan untuk memiliki anjing keluarga, Anda mungkin tidak tahu ras anjing terbaik untuk anak-anak.

Jadi, apa anjing yang baik untuk anak-anak?

Baca juga: Ajak Anjing Jalan-jalan, Lebih Baik Pakai Kalung atau Harness?

Ilustrasi Golden retrieverUnsplash/Justin Aikin Ilustrasi Golden retriever

Gina DiNardo, Sekretaris Eksekutif American Kennel Club (AKC) menyatakan, tidak ada ras yang "buruk" untuk anak kecil. Dia mengatakan, beberapa ras anjing lebih mudah dilatih, beberapa yang lebih lembut dan beberapa yang ramah.

DiNardo merekomendasikan agar keluarga dengan bayi memilih anak anjing, daripada anjing dewasa.

Jika Anda tidak ingin membesarkan anak anjing dan bayi pada saat yang sama, itu bisa dimengerti, tetapi tidak ada cara lain untuk membawa anjing ke dalam keluarga.

“Anda harus melakukan uji kelayakan. Anda harus benar-benar memahami bahasa tubuh anjing dan ras anjing dengan baik jika Anda ingin membawa anjing yang lebih tua ke dalam keluarga, terutama dengan anak-anak," saran DiNardo seperti dikutip dari Fatherly, Senin (21/2/2022). 

Baca juga: Bisakah Anjing Mengenali Pemiliknya yang Mengenakan Masker?

DiNardo memiliki beberapa rekomendasi ras anjing untuk keluarga yang mungkin memiliki kebutuhan tertentu, antara lain sebagai berikut. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com