Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Alasan Anjing Suka Mengendus Saat Berjalan-jalan

Kompas.com - 17/02/2022, 12:40 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Sebagian besar pemilik anjing menyadari pentingnya menjaga anjing mereka diperkaya secara mental dan fisik.

Tidak hanya lebih baik untuk kesejahteraan umum anjing, tetapi juga dapat membantu mengurangi kemungkinan perilaku bermasalah yang timbul sebagai akibat dari kebosanan atau frustrasi.

 

Baca juga: 12 Ras Anjing Ini Paling Setia pada Pemiliknya, Akita hingga Doberman

Ada banyak mainan puzzle yang tersedia untuk membiarkan anjing Anda mencoba, tetapi, seringkali, pemilik dapat mengabaikan salah satu perilaku alami, yakni mengendus.

Dengan memberi anjing Anda lebih banyak kesempatan untuk menggunakan indra penciumannya yang kuat, mereka pasti akan lebih menikmati jalan-jalannya.

Mereka juga akan lebih terstimulasi, mendapatkan lebih banyak kebebasan, dan pada akhirnya menjadi lebih rileks. Melansir dari The Spurce pada Kamis (17/02/2022) berikut ini alasan anjing suka mengendus.

Baca juga: Kenapa Anjing Suka Mengejar Motor atau Mobil? Ini Penjelasannya

Membuat mereka merasa lebih baik

Beberapa anjing dapat menjadi terlalu terstimulasi ketika mereka melakukan aktivitas yang melibatkan energi tinggi, tapi memanfaatkan perilaku mengendus alami anjing adalah pilihan yang tepat dan umumnya membuat rileks.

Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam Applied Animal Behavior Science Journal bahkan menunjukkan bahwa memberikan banyak kesempatan mengendus dapat membuat anjing Anda merasa lebih optimis.

Baca juga: 3 Alasan Anjing Peliharaan Suka Duduk di Kursi Pemiliknya

Mengendus bikin anjing mudah lelah

Pengayaan mental yang didapat anjing Anda saat berjalan lambat dengan banyak waktu untuk mengendus jauh lebih besar daripada yang mereka dapatkan saat berjalan cepat.

Ini berarti berjalan-jalan sambil mengendus dapat membuat mereka mudah lelah sehingga lebih rilek dan cenderung tidak menunjukkan perilaku destruktif atau nakal saat di rumah.

Baca juga: Apa yang Dimimpikan oleh Anjing Peliharaan Saat Tidur?

Sebagai alat komunikasi

Jangan lupa bahwa mengendus juga merupakan bagian penting dari cara anjing berkomunikasi.

Anda mungkin merasa frustrasi ketika anjing Anda ingin mengendus setiap tiang lampu yang ia lewati, tetapi mereka biasanya hanya memeriksa tanda-tanda bau anjing lain di sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com