Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Membuat Kucing Saling Menampar Satu Sama Lain

Kompas.com - 13/01/2022, 09:44 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing memiliki reputasi sebagai hewan yang suka menyendiri dan tidak suka berteman seperti anjing

Namun, hal itu tidak selalu demikian. Nyatanya, kucing juga bisa hidup bersama kucing lain dalam satu rumah, bahkan bisa terikat satu sama lain. 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Salah satu perilaku yang mungkin Anda lihat dari waktu ke waktu jika memiliki lebih dari satu kucing peliharaan di rumah adalah kucing saling menampar satu sama lain.

Tentu hal ini menimbulkan pertanyaan. Mengapa kucing melakukannya? Apakah kucing sedang berkelahi atau ada hal lain yang terjadi?

Melansir dari The Spruce Pets, Kamis (13/1/2022), kucing yang saling menampar satu sama lain sebenarnya merupakan perilaku normal. Meski begitu, hal tersebut memiliki berbagai alasan.

Namun, perilaku menampar tersebut tidak selalu berarti buruk. Anda bisa melihatnya dari bahasa tubuh dan perilaku kucing saat melakukannya. 

Nah, berikut empat hal yang membuat kucing saling menampar satu sama lain.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Kucing Bau Mulut 

Mengajak bermain

Ilustrasi kucing di lantai. Bau urine hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap di lantai dan seisi ruangan. PIXABAY/NIEK VERLAAN Ilustrasi kucing di lantai. Bau urine hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap di lantai dan seisi ruangan.
Kucing yang ceria dan energik dapat saling menampar satu sama lain. Hal ini dilakukan sebagai bentuk undangan untuk mengajak bermain.

Kucing yang mengajak bermain dengan cara menampar memiliki bahasa tubuh yang sama dengan kucing yang suka bermain. 

Misalnya, kumis kucing akan maju dan perhatiannya diberikan pada situasi yang dihadapi. Cakar kucing akan ditarik untuk ditampar agar tidak menyakiti kucing lain.

Tidak akan ada teriakan atau desis dari kucing yang menampar. Semua isyarat nonverbal ini menunjukkan kepada kucing lain bahwa si kucing yang menampar ingin mengajaknya bermain. 

Baca juga: Benarkah Usia Kucing Liar Lebih Pendek? 

Naluri predator

Kucing adalah makhluk karnivora. Artinya, kucing membutuhkan protein hewani dalam makanannya dan merupakan pemangsa kecil.

Dengan demikian, kucing memiliki dorongan mangsa yang tinggi. Faktanya, banyak mainan kucing di pasaran yang memanfaatkan naluri predator ini seperti tongkat bulu, bola jingle, dan laser pointer. 

Kucing yang tidak memiliki saluran yang tepat untuk mengeluarkan naluri ini mungkin mulai bertindak dengan menerkam teman serumahnya atau Anda.

Jika kucing menampar kucing lain dengan semua ciri bahasa tubuh yang lucu, tetapi Anda merasa sahabat bulu terlalu bersemangat, mungkin kucing melakukannya karena naluri berburu yang terpendam. 

Baca juga: 5 Ras Kucing yang Bulunya Tidak Mudah Rontok 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com