Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Adanya Noda Hitam pada Wajan Besi Cor dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 13/01/2022, 08:30 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comWajan besi cor (cast-iron skillet) yang sering digunakan memasak akan menimbulkan noda hitam. 

Kemunculan noda ini membuat kamu bertanya-tanya dari mana asal noda hitam tersebut? Apakah residu ini membahayakan jika menempel pada hidangan yang tengah dimasak?

Mengutip Taste of Home, Kamis (13/1/2022), ada beberapa penyebab munculnya noda hitam pada wajan besi cor seperti berikut ini. 

Baca juga: Bersihkan Wajan dan Panci yang Gosong Dengan 5 Cara ini

Deposit karbon

Menghilangkan noda gosong pantat panci dan wajanUnsplash/Helinton Fantin Menghilangkan noda gosong pantat panci dan wajan

Noda hitam dari wajan besi cor yang menempel pada makanan tidak berbahaya karena  kemungkinan besar itu adalah deposit karbon. Hal ini terjadi karena terlalu panasnya minyak dan lemak.

Menggunakan minyak dengan titik asap rendah akan menghasilkan karbonisasi pada temperatur tinggi dan menyebabkan residu dari pori-pori wajan menempel pada makanan.

Deposit karbon pada makanan dapat membuat hidangan terlihat kurang menarik. Namun, itu tidak membahayakan selama masih dalam jumlah kecil.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Makanan yang Tertinggal di Panci dan Wajan

Partikel makanan yang hangus

Mungkin akan sulit membersihkan wajan besi cor secara menyeluruh tanpa menghilangkan seasoning—lapisan minyak yang terkarbonisasi, yang telah dipanggang pada wajan besi cor. Seasoning dilakukan untuk membentuk lapisan pelindung pada peralatan masak. 

Jadi, beberapa bekas makanan lama yang menghitam akan tetap terlihat. Namun, tetaplah mencuci wajan agar tetap bersih.

Seasoning yang melemah

Ilustrasi ayam goreng tepung di atas cast iron pan. SHUTTERSTOCK/ Foodio Ilustrasi ayam goreng tepung di atas cast iron pan.

Hal lain yang menyebabkan wajan besi cor memiliki noda hitam adalah seasoning yang mulai melemah. Lapisan minyak itu memang tidak dimaksudkan untuk bertahan selamanya. 

Dengan demikian, mereka dapat mengelupas setelah wajan digunakan memasak selama beberapa kali. Lapisan akan hancur dengan panas tinggidan tidak akan bertahan lama.

Baca juga: Cara Mencegah Wajan Antilengket Rusak

Cara menghilangkan noda hitam pada wajan besi cor

Untuk menghilangkan noda hitam, gunakan minyak dengan titik asap yang tepat dan indari menggunakan wajan terlalu panas. Selanjutnya, bersihkan wajan dengan garam atau sikat kaku.

Cara membersihkan wajan dengan garam adalah menuangkan seperempat cangkir garam ke dalam panci, lalu olesekan secara merata menggunakan peralatan berujung datar.

Nantinya, garam akan mulai berubah warna saat kamu menggosoknya. Setelah itu, buang semua butiran garam untuk menghindari korosi dan oleskan sedikit minyak.

Baca juga: 3 Bahan Alami untuk Membersihkan Sisa Makanan pada Panci dan Wajan

Ilustrasi cast ironUnsplash/Cathal Mac An Bheata Ilustrasi cast iron

Untuk sikat kaku, rendam wajan dalam air selama satu jam. Gosok dengan sikat menggunakan sedikit sabun jika perlu.

Selanjutnya, keringkan dengan handuk dan nyalakan api besar di atas kompor. Biarkan kelembapan menguap, biarkan panci mendingin, lalu oleskan lapisan tipis minyak. 

Baca juga: 4 Metode Ampuh Bersihkan Wajan dan Panci yang Gosong

Seasoning wajan besi cor

Jika ingin melakukan seasoning pada wajan besi cor, bersihkan semua residu dengan salah satu cara yang telah disebutkan sebelumnya.

Kemudian, lapisi semua permukaan dengan minyak. Jika ada minyak berlebih, usap dengan handuk kertas.

Taruh wajan dalam oven pada suhu 260 derajat Celsius atau lebih satu jam, lalu matikan oven dan biarkan wajan mendingin di dalam. Ulangi sebanyak lima kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com