Kompas.com - 17/09/2021, 09:32 WIB
Ilustrasi wajan gosong UNSPLASH/Annie Spratt Ilustrasi wajan gosong

JAKARTA, KOMPAS.com--Wajan dan panci bisa saja gosong karena kecerobohan kita dalam memasak. Hal ini akan meninggalkan noda hitam yang sulit dibersihkan.

Untungnya ada beberapa metode pembersihan yang bisa kamu coba agar wajan dan panci milikmu bisa bersih dan kembali digunakan.

Namun sebelumnya, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah merendam panci dan wajan setelah tak lagi panas. Hal ini biasanya bisa mempermudah proses pembersihan.

Berikut adalah metode membersihkan wajan dan panci yang gosong seperti dilansir dari Taste of Home, Jumat (17/9/2021). 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Makanan yang Tertinggal di Panci dan Wajan

1. Soda kue dan cuka

Soda kue dan cuka sangat mudah ditemukan di dapur. Keduanya ternyata bisa membantumu membersihkan wajan dan panci yang gosong.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Caranya, isi panci atau wajan kotor dengan air dan cuka dalam jumlah yang sama. Didihkan campuran lalu tambahkan 2 sendok makan soda kue.

Angkat dari api dan biarkan meresap hingga 15 menit. Buang cairan ke saluran pembuangan  dan kemudian gunakan spons atau sabut gosok untuk menggosok sisa sisa pembakaran.

Jika masih ada noda, oleskan pasta yang terbuat dari baking soda yang dicampur dengan sedikit air dan diamkan selama beberapa menit sebelum digosok kembali. 

2. Lemon

Ini adalah metode pembersihan alami yang tidak memerlukan bahan kimia keras.

Caranya, iris 2-3 buah lemon dan masukkan dalam panci atau wajan kotor. Tempatkan panci di atas api sedang-tinggi dan isi dengan air yang cukup untuk menutupi lemon.

Didihkan air lemon selama 5-8 menit, lalu angkat panci dari api. Kamu akan tahu bahwa wajan siap untuk digosok saat semua noda gosong sudah mengapung di air yang ada di dalam wajan dan panci.

Baca juga: Cara Membersihkan Panci Keramik agar Awet dan Higienis

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.